PENDAMPINGAN MENGEMBALIKAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI PAMERAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Abstract
Objektif. Pembelajaran pada masa pandemi covid-19 telah berdampak kepada pembelajaran yang berlangsung di sekolah-sekolah. Pembelajaran yang dilaksanakan secara tatap muka beralih menjadi pembelajaran online. Hal ini yang menyebabkan merosotnya minat belajar siswa-siswa di sekolah dan lebih khusus siswa-siswa di Sekolah Dasar (SD). Untuk mengatasi rendahnya minat belajar siswa sekolah dasar ini, tim melakukan pendampingan mengembalikan minat belajar siswa melalui pameran media pembelajaran matemati. Tujuan dari pendampingan ini tidak lain untuk upaya mengembalikan minat belajar matematika siswa setelah pandemi.
Material and Metode. Kegiatan pendampingan berupa kegiatan PKM mandiri dengan kegiatan pameran media pembelajaran matematika. Tim secara bergantian menjelaskan beberapa media pembelajaran matematika kepada para siswa, tanya jawab, dan penutup. Pada tahap penutup ini tim memberikan angket kepada siswa.
Hasil. Hasil dari kegiatan ini diperoleh bahwa siswa senang dengan adanya kegiatan, memperoleh pengalam baru, mengerti dan mudah memahmi konsep, dan berminat untuk belajar matematika.
Kesimpulan. Perubahan minat belajar siswa, didasarkan oleh pengalaman yang diteri oleh siswa. Kegiatan pendampingan yang telah dilaksanakan merupakan salah satu memberikan pengalaman kepada siswa. Dengan adanya pameran media pembelajaran matematika siswa merasa senang dengan pendampingan (pameran media pembelajaran), siswa memahami dan mengerti dengan konsep-konsep matematika yang dijelaskan dengan menggunakan media, siswa merasa memperoleh pengalaman baru dalam belajar matematika, siswa tertarik untuk belajar matematika, dan minat belajar matematika siswa kembali meningkatkan.
References
Imamuddin, M., Afridalia, A., Putri, A. D., Chairunnisa, D. R., Nawasyaira, F., Nurullulah, I. P., & Yonalta, S. (2023). Pameran Media Pembelajaran Matematika: Upaya Memotivasi Siswa SD Dalam Belajar Matematika. COVIT (Community Service of Health), 3(1), 33-38.
Imamuddin, M., Salsabila, D. P., Fahrezi, R., Aulia, R., Ayuni, P., & Desvita, R. (2023). Persepsi Siswa Terhadap Pelakasanaan Pengabdian Kepada Masyarakat Mandiri (Pameran Media Pembelajaran Matematika). Journal of Community Service (JCS), 1(1), 16-23.
Imamuddin, M., Zaharuddin, M., Susanti, W., & Nurdin, S. (2022). Mathematics Students’ Satisfaction In Carrying Out Online Thesis Advisory During The Covid-19 Pandemic at IAIN Bukittinggi. International Journal Of Humanities Education and Social Sciences (IJHESS), 1(5).
Imron, F., Isnaniah, I., & Imamuddin, M. (2022). Persepsi Siswa terhadap Pembelajaran Matematika yang Dilaksanakan secara Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di SMK. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 5(2), 167-176.
Imron, F., Zaharuddin, M., Susanti, W., & Imamuddin, M. (2022). Mathematic Teachers And Online Learning In The Covid-19 Pandemic: A Survey Study. International Journal Of Humanities Education and Social Sciences (IJHESS), 1(5).
Isnaniah, I., & Imamuddin, M. (2022). Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran Mahasiswa Calon Guru Matematika pada Matakuliah Microteaching. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 5(3), 147-156
Mahmud, (2011). MetodePenelitianPendidikan. Bandung: CV. PustakaSetia
Puspa, M., Imamuddin, M., & Rahmawati, R. (2022). Pengaruh Kreativitas Guru Mengajar dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Smk N 1 Tanjung Raya. KOLONI, 1(4), 297–305. https://doi.org/10.31004/koloni.v1i4.323
Sakinah Aprilia, R., Isnaniah, I., & Elydar, E. (2022). Deskripsi Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Kelas VIII Di SMPN 1 Bukittinggi Berdasarkan Gender. KOLONI, 1(4), 432–439. https://doi.org/10.31004/koloni.v1i4.344
Slameto, (2003). Belajar dan Proses BelajarMengajar.Bandung:SinarBaruAlgesindo
Sofyan, A., Imamuddin, M., & Ramli, E. (2022). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Kelas XI Pada Materi Trigonometri. KOLONI, 1(4), 306–312. https://doi.org/10.31004/koloni.v1i4.324
Suriarti, M., & Isnaniah, I. (2023). Minat Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa melalui Model CPS di Kelas IX. Journal on Education, 5(3), 7176-7188. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1507
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group
Zulfikar, Isma, K., Muhsin, Mirunnisa, & Razi, Z. (2022). Pemanfaatan Media Pembelajaran Matematika. Covit (Community Service of Health): Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 290- 295
Copyright (c) 2022 Journal of Community Dedication and Development (Pengabdian Kepada Masyarakat)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.