SOSIALISASI DAN PENDAMPINGAN PENYUSUNAN DOKUMEN MUTU PKPPS KHIDMATUSUNNAH BERBASIS AKREDITASI
Abstract
Tujuan dari program kegiatan pengabdian ini yaitu tersosialisasikannya delapan standar akreditasi pada PKPPS Khidmatussunah melalui aplikasi Sispena, dan tersedianya SDM PKPPS yang terlatih dan terampil dalam pengelolaan dokumen penyelenggaraan pendidikan di pondok pesantren. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini menggunkan bentuk pendidikan kepada masyarakat kepada PKPPS Khidmatusunnah sebagai sasaran kegiatan. Belum terakreditasinya lembaga PKPPS ini dikarenakan berbagai faktor seperti kurangnya pemahaman akan standar nasional pendidikan, kesadaran dalam pendokumentasian dokumen pendidikan, dan kesulitan pemenuhan unsur dokumen akreditasi, hingga masih asingnya kriteria 8 pada aplikasi Sispena. Sosialisasi sistem penilaian akreditasi diberikan dengan mengacu pada delapan standar nasional pendidikan. Pendampingan penyusunan dokumen akreditasi diperlukan dalam mengawal pemenuhan data dukung dan dokumen yang diperlukan dalam delapan standar nasional pendidikan
References
, P. N. (2020). PMA No. 31 Tahun 2020 Tentang Pendidikan Pesantren.
Awaludin, A. A. R. (2017). Akreditasi Sekolah sebagai Suatu Upaya Penjaminan Mutu Pendidikan di Indonesia. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 2(1), 12–21. https://doi.org/10.30998/sap.v2i1.1156
Hasan, F., Fajarwati, L., & Imamyarha, D. (2021). Peningkatan Partisipasi Akreditasi Melalui Pelatuhan dan Pendampingan Penyusunan Dokumen Akreditasi Delapan Standar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 27(2), 170–174.
Herianto, E., Rispawati, D., & Alqadri, B. (2020). Pelatihan Dan Pendampingan Tentang Persiapan Akreditasi Dan Dampaknya Bagi Kesiapannya Dalam Menyongsong Akreditasi. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 2(1), 38–46. https://doi.org/10.32938/jpm.v2i1.561
Indrawan, I. (2020). Pelaksanaan Kebijakan Akreditasi PAUD. Mitra Ash-Shibyan, 03(01), 46–54.
Karsiwan, K. (2022). Sosialisasi Sistem Akreditasi dan Keterbutuhan Dokumen Akreditasi Pada PKPPS Khidmatusunnah. Jurnal Pengabdian Masyarakat (abdira), 2(2), 96–109. https://doi.org/10.31004/abdira.v2i2.140
Muldiani, R. F., & Hadiningrum, K. (2020). Peningkatan Manajemen Mutu Pos Paud Melati 10 Dan Kenanga 12 Menuju Persiapan Akreditasi PAUD. 25–31.
Nuryanto, S., & Irmade, O. (2019). Pendampingan Akreditasi Lembaga PAUD Di IGTKI Wonosegoro. Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPM-IKP), 2(02), 86–93. https://doi.org/10.31326/jmp-ikp.v2i02.443
Rahman, L. Z. (2020). Upaya Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan Melalui Sistem Akreditasi Dalam Perspektif Total Quality Management (TQM) Di SD Muhammadiyah Karangbendo Bantul. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 10(2), 201–215. https://doi.org/10.33367/ji.v10i2.1270
Wewe, M., Noge, M. D., Awe, E. Y., & Lawe, Y. U. (2021). Kegiatan Pendampingan Penyusunan Dokumen Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan 2020 Di Sd Negeri Late. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 2(1), 116–127. https://doi.org/10.38048/jailcb.v2i1.264
Wijoyo, H. (2020). Sosialiasi Sistem Penilaian Akreditasi (SisPenA) Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Non Formal (PNF) di Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis, Propinsi Riau. Jpm: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 7–10. https://djournals.com/arbitrase/article/view/3
Copyright (c) 2023 Journal of Community Dedication and Development (Pengabdian Kepada Masyarakat)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.