PENGUATAN SEKOLAH PENGGERAK DALAM OPTIMALISASI PERAN KOMUNITAS BELAJAR

  • Raja Ritonga Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal
  • Rosni Harahap Universitas Graha Nusantara
  • Robiyatul Adawiyah Universitas Graha Nusantara
  • Haritsah Hammamah Harahap Universitas Graha Nusantara
Keywords: Komunitas Belajar, Kombel, Sekolah Penggerak, Satuan Pendidikan, BBGP

Abstract

Kegiatan pengabdian ini dilakukan pada sekolah penggerak di Kabupaten Deli Serdang. Kemajuan teknologi harus diimbangi dengan kompetensi dan kerjasama antar pendidik. Peserta didik sebagai objek dalam pembelajaran harus dikawal dengan baik oleh para guru. Kemajuan capaian peserta didik harus menjadi lompatan untuk menentukan strategi pembelajaran berikutnya. Tentu tugas besar ini tidak mudah jika dilakukan oleh masing-masing individu guru. Oleh karena itu, pembentukan Komunitas Belajar (Kombel) di internal guru-guru pada satuan penididkan akan memberikan solusi yang sangat efektif. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah bentuk lokakarya yang meliputi tahapan mulai dari diri, ruang kolaborasi, demostrasi kontekstual dan aksi nyata. Sedangkan materi dalam kegiatan pengabdian ini menggunakan bahan ajar yang telah ditetapkan oleh Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Sumatera Utara. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa sekolah yang didampingi telah mampu membuat rancangan untuk aksi nyata yang akan diterapkan di Satuan Pendidikan masing-masing. Selain itu, para peserta semakin memahami fungsi dan peran Komunitas Belajar dalam meningkatkan presetasi peserta didik dan penyelesaian setiap permasalahan pada Satuan Pendidikan. Sebagai kesimpulan bahwa peserta pada kegiatan penguatan Satuan Pendidikan telah dapat memahami dengan baik terkait Komunitas Belajar.

References

Halimah, Andi. 2014. “Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Dalam Pembelajaran Membaca Dan Menulis Di SD/MI.” Auladuna 1(1):27–35.

Kemdikbud. 2021. Materi Pelatihan Program Sekolah Penggerak. Jakarta: Dirjen GTK Kemdikbud.

Lukman Hakim, Walmah Ni’maturrohmah, Medira Ferayanti. 2023. “Modul Pendampingan Komunitas Belajar.”

Medira Ferayanti, Hairun Nissa, Sri Kurnianingsih, Risqie Irfan, Hertana Irfan. 2023. “Panduan Optimalisasi Komunitas Belajar.”

Nasution, Suryadi, Raja Ritonga, Muhammad Ikbal, Parulian Siregar, and Akhyar Akhyar. 2021. “Pendampingan Literasi Perguruan Tinggi Pada Santri Pondok Pesantren Darussalam Parmeraan Padang Lawas Utara.” MONSU’ANI TANO Jurnal Pengabdian Masyarakat 4(1):57–65. doi: 10.32529/tano.v4i1.912.

Ngafifi, Muhamad. 2014. “Kemajuan Teknologi Dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya.” Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi 2(1):33–47. doi: 10.21831/jppfa.v2i1.2616.

Raja Ritonga, Amhar Maulana Harahap, Junda Harahap, Robiyatul Adaiyah Lubis, Rosni Harahap. 2023. “Pendampingan Penda Mpingan Guru Sekolah Penggerak d Alam Rangka Pendokumentasian Sumber Belajar.” Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyaraka 23(1):78–91. doi: 10.24036/sb.02470.

Ritonga, Raja, Asrul Hamid, Amhar Maulana Harahap, and Rosni Harahap. 2022. “Penguatan Kompetensi Sosial-Emosional Bagi Kepala Sekolah Penggerak Melalui Kegiatan Lokakarya.” SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 6(1):309–15.

Ritonga, Raja, Rosni Harahap, and Robiyatul Adawiyah. 2023. “Pendampingan Guru Sekolah Penggerak Dalam Menganalisis Prinsip Asesmen Dan Prinsip Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka.” KREATIF: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara 3(1):164–74.

Ritonga, Raja, Rosni Harahap, and Robiyatul Lubis. 2022. “Pelatihan Metode Refleksi Bagi Guru Sekolah Penggerak Dalam Proses Pembelajaran.” SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 6(2):995–1002.

Satria, Rizky, Pia Adiprima, Kandi Sekar Wulan, and Tracey Yani Harjatanaya. 2022. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Dirjen GTK Kemdikbud.

Setiawan, W. 2017. “Era Digital Dan Tantangannya.” Seminar Nasional Pendidikan 1–9.

Yogi Anggraena, Dion Ginanto, Nisa Felicia, Ardanti Andiarti, Indriyati Herutami, Leli Alhapip, Dwi Setiyowati. 2022. Pembelajaran Dan Asesmen Kurikulum 2013. Jakarta: Dirjen GTK Kemdikbud.

Published
2023-12-31
How to Cite
Ritonga, R., Harahap, R., Robiyatul Adawiyah, & Harahap, H. H. (2023). PENGUATAN SEKOLAH PENGGERAK DALAM OPTIMALISASI PERAN KOMUNITAS BELAJAR. Journal of Community Dedication and Development (Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(2), 25-36. Retrieved from https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/jcdd/article/view/1674