MENUMBUHKAN MOTIVASI DAN PERCAYA DIRI ANAK USIA SEKOLAH MELALUI KEGIATAN FESTIVAL ANAK SHOLEH DI DESA UBAR
Abstract
Semangat belajar sering ditentukan oleh motivasi yang kuat untuk mengetahui sesuatu. Tentu dalam menumbuhkan motivasi tersebut harus menggunakan metode dan cara yang tepat. Anak-anak usia sekolah di desa Ubar mempunyai permasalahan terkait motivasi dan percaya diri. Pada hakikatnya mereka mempunyai potensi, namun motivasi dan percaya diri mereka masih rendah. Jadi, pengabdian yang dilakukan oleh Mahasiswa dari Kampus STAIN Mandailing Natal bertujuan: (1) meningkatkan rasa cinta terhadap agama Islam, (2) meningkatkan semangat belajar anak-anak, (3) menumbuhkan rasa percaya diri anak-anak, dan (4) mengembangkan minat dan bakat anak-anak. Untuk mencapai tujuan ini, maka kegiatan Festival Anak Soleh menjadi upaya yang dilakukan dengan ragam lomba, yaitu Lomba Adzan, Tahfidz dan Fashion Show Islami. Metode yang diterapkan untuk ajang Festival Anak Sholeh ini menggunakan metode Pembekalan, Pelatihan dan Praktik. Hasil pengabdian menjelaskan bahwa program Festival Anak Sholeh dapat meningkatkan semangat belajar anak-anak, terciptanya rasa percaya diri yang tinggi bagi anak-anak, munculnya minat dan bakat anak-anak.
References
Harahap, Sumper Mulia, Raja Ritonga, Rizky Mubarok, and Ahmad Jasa Hasibuan. 2023. “Menumbuhkan Motivasi Dan Pengamalan Agama Anak Usia Sekolah Di Desa Parupuk Julu Melalui Kegiatan Pesantren Kilat.” Kegiatan Positif: Jurnal Hasil Karya Pengabdian Masyarakat 1(3):80–85.
Indonesia, Presiden Republik. 2003. Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Ismail, A. Ilyas, Abuddin Nata, Ahmad Bachmid, Amany Lubis, Andi Faisal Bakti, Armai Arief, Azyumardi Azra Asep Usman Ismail, CBE., Husni Rahim, Jamhari Makruf Huzaemah T. Yanggo, Komaruddin Hidayat, M. Ridwan Lubis, M. Dien Madjid, Muhammad Amin Suma M. Ikhsan Tanggok, Masykuri Abdillah, Salman Maggalatung Said Agil Husin Al Munawar, Sri Mulyati, Sukron Kamil, Suwito, U. Maman Kh, Ulfah Fajarini, and Zulkifli. 2021. Moderasi Beragama: Perspektif Antropologi Sosial Budaya.
Lembaga Penjaminan Mutu Iain Syekh Nurjati Cirebon. 2019. Pedoman Pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Madina, Tim Penyusun STAIM. 2020. Pedoman Teknis Pelaksanaan Kerja Lapangan STAIN Mandailing Natal. Panyabungan: Madina Publisher.
Miasari, Rahmalia Syifa, Cory Indar, Pratiwi Pratiwi, Purwoto Purwoto, Unik Hanifa Salsabila, Ulfiyana Amalia, and Syaiful Romli. 2022. “Teknologi Pendidikan Sebagai Jembatan Reformasi Pembelajaran Di Indonesia Lebih Maju.” Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi 2(1):53–61. doi: 10.31602/jmpd.v2i1.6390.
Nasution, Suryadi, Raja Ritonga, Muhammad Ikbal, Parulian Siregar, and Akhyar Akhyar. 2021. “Pendampingan Literasi Perguruan Tinggi Pada Santri Pondok Pesantren Darussalam Parmeraan Padang Lawas Utara.” MONSU’ANI TANO Jurnal Pengabdian Masyarakat 4(1):57–65. doi: 10.32529/tano.v4i1.912.
RI, Tim Penyusun Kementerian Agama. 2019. Moderasi Beragama. Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Republik Indonesia.
Ritonga, R, A. Hamid, I. R. Siregar, A. Akhyar, and ... 2023. “Penguatan Moderasi Beragama Bagi Santri Pondok Pesantren Darussalam Parmeraan.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Rafflesia 6(1):101–7.
Ritonga, Raja, Fuadi Fuadi, Anwar Husein, Abdul Lohir, Rosyid Nasution, Nailah Lubis, Ummi Amira, Ida Sumarni, Nur Hayati, and Nur Alfiyani Nst. 2023. “Pendampingan Anak Balita Dan Remaja Di Desa Balakka Padang Lawas Utara Melalui Kegiatan Kuliah Kerja Nyata Assistance For Toddlers And Teenagers In Balakka Village Padang Lawas Utara Through Real Work Lecture Activities PENDAHULUAN Dunia Pendidikan Merupa.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPMI) 2(3):72–81.
Ritonga, Raja, Rosni Harahap, and Robiyatul Adawiyah. 2023. “Pendampingan Pengawas Sekolah Penggerak Untuk Meningkatkan Kompetensi Dalam Melaksanakan Kegiatan Coaching.” Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Indonesia 2(2):1–12.
Ritonga, Raja, Rosni Harahap, and Robiyatul Lubis. 2022. “Pelatihan Metode Refleksi Bagi Guru Sekolah Penggerak Dalam Proses Pembelajaran.” SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 6(2):995–1002.
Copyright (c) 2023 Journal of Community Dedication and Development (Pengabdian Kepada Masyarakat)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.