KEGIATAN PENYULUHAN PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL APLIKASI TIKTOK BAGI GENERASI MILENIAL DI DESA TANGGA-TANGGA HAMBENG

  • rima melati stain madina
  • Liantha Adam Nasution Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal
  • Yusrida Aini Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal
  • Alliriansyah Nasution Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal
  • MHD. Sangkot Pangidoan Nasution Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal
  • Nurul Husna Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal
  • Yuni Aida Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal
  • Riska Pratama Tanjung Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal
  • Ida Suharni Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal
  • Solita Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal
Keywords: Aplikasi Tiktok, Faktor, Generasi Milenial

Abstract

Objektif. Desa Tangga-Tangga Hambeng adalah desa yang berada di Kecamatan Padang Bolak Tenggara, Kabupaten Padang Lawas Utara, Provinsi Sumatera Utara. Semakin berkembangnya zaman, pengetahuan manusia semakin luas. Pada mulanya manusia hanya memanfaatkan apa yang ada di alam, namun sekarang manusia sudah mengelola apa yang ada di muka bumi. Semakin berkembangnya zaman, peradaban semakin berkembang dan canggih. Apabila zaman dahulu komunikasi dilakukan secara manual, tetapi sekarang sudah ditemukan teknologi-teknologi canggih yang membawa ke bentuk digital.

Material and Metode. Pengabdian ini menggunakan metode partisipatif melibatkan warga dan NNB di Desa Tangga-Tangga Hambeng. pendekatan yang digunakan yaitu bekerja sama dengan masyarakat untuk memperoleh data

Hasil. Pengabdian masyarakat berfokus pada pemanfaatan media sosial aplikasi tiktok bagi generasi millenial.

Kesimpulan. Dengan melibatkan masyarakat pengabdian ini berhasil memperluas wawasan tentang pemanfaatan media sosial aplikasi tiktok bagi generasi millenial. Langkah-langkah konkret telah diambil untuk mengembangkan, memanfaatkan serta mempromosikan media aplikasi tiktok sebagai bagian dari hiburan.

References

Atika, Sabillah. 2018. “Hubungan Kebutuhan Relatedness Dengan Kecanduan Media Sosial Pada Remaja.” skripsi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Fauzan, Ahmad. 2021. “Dampak Aplikasi Tik Tok Pada Interaksi Sosial Remaja “ Studi Di Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar “.” diploma, Universitas Islam Kalimantan MAB.
Hayati, Nurul. 2020. “Bersaing dengan Instagram dan YouTube, Aplikasi TikTok asal China tak Hanya Video Receh.” Serambinews.com. Diambil 1 Februari 2024 (https://aceh.tribunnews.com/2020/01/27/bersaing-dengan-instagram-dan-youtube-aplikasi-tiktok-asal-china-tak-hanya-video-receh).
Kadir, Abdul. 2013. Pengantar Teknologi Informasi Edisi Revisi. edisi ke-2. Andi.
Mujiyana, Mujiyana, dan Ingge Elissa. 2013. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Via Internet Pada Toko Online.” J@TI UNDIP : Jurnal Teknik Industri 8(3):143–52. doi: 10.12777/jati.8.3.143-152.
Nugroho Aji, Wisnu. 2018. “aplikasi tik tok sebagai media pembelajaran bahasa dan sastra indonesia.” Pertemuan ilmiah bahasa dan sastra indonesia (PIBSI) 431–40.
Sugiyono; 2013. E-Book Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RD. Alfabeta.
Zaputri, Meri. 2021. “Dampak Kecanduan Media Sosial Tik Tok Terhadap Perilaku Belajar Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling Iain Batusangkar.”
Published
2024-03-06
How to Cite
melati, rima, Nasution, L. A., Aini, Y., Nasution, A., Nasution, M. S. P., Husna, N., Aida, Y., Tanjung, R. P., Suharni, I., & Solita. (2024). KEGIATAN PENYULUHAN PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL APLIKASI TIKTOK BAGI GENERASI MILENIAL DI DESA TANGGA-TANGGA HAMBENG. Journal of Community Dedication and Development (Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(1), 8-17. Retrieved from https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/jcdd/article/view/1703