SOSIALISASI LITERASI DIGITAL BAGI SISWA ASRAMA MAN 2 KOTA PADANGSIDIMPUAN DI ERA TEKNOLOGI INFORMASI

  • Amhar Maulana Harahap Institut Agama Islam Padang Lawas
  • Rosni Harahap Universitas Graha Nusantara
  • Robiyatul Adawiyah Universitas Graha Nusantara
Keywords: Era Teknologi, Literasi, Digital, Inovatif, Kompetensi

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang pesat menuntut adanya peningkatan literasi digital, khususnya di kalangan siswa. Program pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi digital di kalangan siswa asrama MAN 2 Kota Padangsidimpuan. Melalui sosialisasi dengan cara diskusi interaktif, dan praktik langsung, program ini mengajarkan siswa tentang penggunaan perangkat digital yang bijak, keamanan dalam berinternet, serta kemampuan untuk mencari, mengevaluasi, dan memanfaatkan informasi secara efektif. Metode yang digunakan meliputi forum diskusi dan simulasi dengan bantuan para ahli teknologi informasi. Hasil pengabdian ini dapat meningkatkan kompetensi digital siswa, mempersiapkan mereka untuk tantangan masa depan, dan mendorong terciptanya lingkungan belajar yang inovatif. Selain itu, hasil dari program pengabdian ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan digital siswa, yang berkontribusi pada kesiapan mereka menghadapi era teknologi informasi.

References

Andjariani, E. W., & Astutik, K. F. (2020). Pengaruh Gerakan Literasi Sebagai Budaya Sekolah Terhadap Karakter Peserta Didik Kelas Iii Sdit Insan Kamil Sidoarjo. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(3). https://doi.org/10.58258/jisip.v4i3.1181
Bariah, S. H., & Imania, K. A. N. (2018). Pengembangan Evaluasi Dan Penugasan Online Berbasis E-Learning Dengan Moodle Pada Mata Kuliah Media Pembelajaran Ilmu Komputer. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 6(3), 305. https://doi.org/10.23887/janapati.v6i3.12458
Chiho, Y. G., Ginting, E. A., & Ningsih Sitorus, H. V. S. (2023). Literasi Media Digital Dalam Meningkatkan Pengembangan Diri Mahasiswa Fisipol Ilmu Komunikasi Universitas Darma Agung Medan. JURNAL SOCIAL OPINION: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 8(1), 11. https://doi.org/10.46930/socialopinion.v8i1.3137
Cintamulya, I. (2012). Peranan Pendidikan Dalam Mempersiapkan Sumber Daya Manusia di Era Informasi dan Pengetahuan. Formatif : Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2), 90–101. http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/89/87%0A
Harahap, S. M., Ritonga, R., Mubarok, R., & Hasibuan, A. J. (2023). Menumbuhkan Motivasi Dan Pengamalan Agama Anak Usia Sekolah Di Desa Parupuk Julu Melalui Kegiatan Pesantren Kilat. Kegiatan Positif: Jurnal Hasil Karya Pengabdian Masyarakat, 1(3), 80–85.
Kons, F. M. (2014). Pendidikan Multikultural dalam Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Lingkungan Masyarakat Majemuk Indonesia. In Strengthtening Teachers & Education Personnel Competence in Scour Change (pp. 53–62). repository.unp.ac.id. http://repository.unp.ac.id/7337/1/MULTIKULTURAL.pdf
Mariani, M., Butarbutar, M., Siahaan, Y., Silalahi, M., & Herman, H. (2022). the Influence of Digital Literature, Creativity, and Learning Motivation Era Society 5.0 on Student Learning Outcomes Kalam Kudus Sd Christian Sd Pematang Siantar Review From a Parent’S Perspective (Case Study of Science Class V Sd). SULTANIST: Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 10(2), 177–186. https://doi.org/10.37403/sultanist.v10i2.443
Nasution, S., Ritonga, R., Ikbal, M., Siregar, P., & Akhyar, A. (2021). Pendampingan Literasi Perguruan Tinggi Pada Santri Pondok Pesantren Darussalam Parmeraan Padang Lawas Utara. MONSU’ANI TANO Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 57–65. https://doi.org/10.32529/tano.v4i1.912
Ritonga, R., Fuadi, F., Husein, A., Lohir, A., Nasution, R., Lubis, N., Amira, U., Sumarni, I., Hayati, N., & Nst, N. A. (2023). Pendampingan Anak Balita Dan Remaja Di Desa Balakka Padang Lawas Utara Melalui Kegiatan Kuliah Kerja Nyata. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPMI), 2(3), 72–81.
Ritonga, R., Hamid, A., Siregar, I. R., Akhyar, A., & ... (2023). Penguatan Moderasi Beragama Bagi Santri Pondok Pesantren Darussalam Parmeraan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Rafflesia, 6(1), 101–107. http://jurnal.umb.ac.id/index.php/pengabdianbumir/article/view/4906%0Ahttp://jurnal.umb.ac.id/index.php/pengabdianbumir/article/download/4906/3132
Ritonga, R., Harahap, R., & Lubis, R. (2022). Pelatihan Metode Refleksi Bagi Guru Sekolah Penggerak Dalam Proses Pembelajaran. SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(2), 995–1002. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jpmb/article/view/8666/4636
Setiawan, W. (2017). Era Digital dan Tantangannya. Seminar Nasional Pendidikan, 1–9.
Shintya, P. K. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL BOOK MATERI METAMORFOSIS PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS IV SDN …. erepository.uwks.ac.id. https://erepository.uwks.ac.id/12435/
Suryani, I., Ma’tsum, H., Suharti, S., Lestari, D., & Siregar, A. (2021). Karakteristik Akhlak Islam dan Metode Pembinaan Akhlak dalam Pemikiran Al-Ghazali. Islam & Contemporary Issues, 1(1), 31–38. https://doi.org/10.57251/ici.v1i1.3
Wati, S. (2013). Urgensi Pendidikan Agama Islam Dalam Pengembangan Nilai-Nilai Multikultural. In Al-Ta lim Journal (Vol. 20, Issue 1, pp. 336–345). https://doi.org/10.15548/jt.v20i1.29
Published
2024-07-23
How to Cite
Harahap, A. M., Harahap, R., & Adawiyah, R. (2024). SOSIALISASI LITERASI DIGITAL BAGI SISWA ASRAMA MAN 2 KOTA PADANGSIDIMPUAN DI ERA TEKNOLOGI INFORMASI . Journal of Community Dedication and Development (Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(1), 49-58. Retrieved from https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/jcdd/article/view/1887