PENGEMBANGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MASYARAKAT MELALUI PELATIHAN PUBLIC SPEAKING DI DESA LUMBAN DOLOK KECAMATAN SIABU
Abstract
Pengabdian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan komunikasi masyarakat melalui pelatihan public speaking di Desa Lumban Dolok, Kecamatan Siabu. Keterampilan komunikasi yang baik sangat penting untuk meningkatkan kepercayaan diri, memperlancar interaksi sosial, dan mendukung partisipasi aktif masyarakat dalam berbagai kegiatan, baik di tingkat desa maupun lebih luas. Program ini dilaksanakan dengan memberikan pelatihan teknik-teknik dasar public speaking, yang meliputi pengelolaan suara, penggunaan bahasa tubuh, penyusunan materi, serta cara berbicara di depan umum dengan percaya diri. Metode yang digunakan adalah kombinasi antara teori dan praktik langsung, di mana peserta diberi kesempatan untuk melakukan simulasi berbicara di depan umum serta mendapatkan umpan balik konstruktif. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berbicara di depan umum pada peserta, serta peningkatan rasa percaya diri dalam berinteraksi dan berkomunikasi. Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap masyarakat dalam meningkatkan keterampilan sosial dan partisipasi aktif mereka dalam kegiatan masyarakat.
References
Ahmad Irfan, Ummah Karimah, Abdul Basit, & Hafidz Taufiqurrahman. (2023). Program Pesantren Ramadhan Untuk Meningkatkan Pemahaman Agama Islam Bagi Anak Sekolah Dasar. Khidmatuna: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 74–86. https://doi.org/10.51339/khidmatuna.v4i1.880
Asikin, Inayah, A., Mustavid, A. V., & Hamid, D. (2023). Public Speaking Training For Students of International Class Program State Islamic University Walisongo to Improve The Ability of Maharah Kalam. Asalibuna, 07(1), 14–33. https://jurnalfaktarbiyah.iainkediri.ac.id/index.php/asalibuna/article/view/848
Daniswara, D. A., Anwariati, F. L. F., & Atsaniyah, L. N. (2020). Pelaksanaan Kegiatan “Muhadharah” Di Beberapa Pondok Modern Sebagai Upaya Untuk Melatih “Maharah Kalam” Para Santri. Prosiding Semnasbama IV UM Jilid 1, 234–244. http://prosiding.arab-um.com/index.php/semnasbama/article/view/569
Erpisal, W., & Fimawahib, L. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Sekolah Menengah Pertama (Smp) Kepenuhan Hulu Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. In Riau Journal of Computer Science (Vol. 9, Issue 1). eprints.ums.ac.id. https://eprints.ums.ac.id/id/eprint/71629
Harahap, S. M., Ritonga, R., Mubarok, R., & Hasibuan, A. J. (2023). Menumbuhkan Motivasi Dan Pengamalan Agama Anak Usia Sekolah Di Desa Parupuk Julu Melalui Kegiatan Pesantren Kilat. Kegiatan Positif: Jurnal Hasil Karya Pengabdian Masyarakat, 1(3), 80–85.
Meilinda, N., Malinda, F., & Aisyah, S. M. (2020). Literasi Digital Pada Remaja Digital (Sosialisasi Pemanfaatan Media Sosial Bagi Pelajar Sekolah Menengah Atas). Jurnal Abdimas Mandiri, 4(1). https://doi.org/10.36982/jam.v4i1.1047
Ritonga, R., Harahap, R., Adawiyah, R., & ... (2023). Penguatan Sekolah Penggerak Dalam Optimalisasi Peran Komunitas Belajar. Journal of …, 3(2), 25–36. https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/jcdd/article/view/1674%0Ahttps://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/jcdd/article/download/1674/1159
Ritonga, R., Harahap, R., & Lubis, R. (2022). Pelatihan Metode Refleksi Bagi Guru Sekolah Penggerak Dalam Proses Pembelajaran. SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(2), 995–1002. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jpmb/article/view/8666/4636
Copyright (c) 2024 Journal of Community Dedication and Development (Pengabdian Kepada Masyarakat)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.