PERAN TEORI HIRARKI KEBUTUHAN ABRAHAM MASLOW DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS IV

  • Namiroh Lubis Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal
Keywords: Guru, Teori pembelajaran, Abraham Maslow, Pembelajaran IPA, SD/Mi

Abstract

Guru sebagai fasilitator hal ini di tanamkan guru dalam proses belajaran mengajar di
MIS Bina Keluarga. Guru sangat memberikan pengaruh dalam mengembangkan
kemmapuan yang dimiliki setiap siswanya. Hal ini terlihat ketika guru menyampaikan
pembelajaran kepada siswa. Guru menyampaikan pembelajaran mulai dari siswa dasar
hingga siswa lebih memahaminya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) peran
guru dalam pembelajaran berdasarkan teori Abraham Maslow dalam pembelajaran IPA, 2)
faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran terhadap teori yang
diterapkan dan 3) cara guru dalam melaksanakan teori atau pelaksanaannya dalam
pembelajaran. Dalam penelitian subjek penelitian guru, staf sekolah dan siswa. Adapun
hasil dari penelitian itu adalah 1) guru sangat berperan dalam menerapkan teori Abraham
Maslow, dengan menggunakan teori tersebut siswa motivasi siswa semakin meningkat dan
siswa lebih memahami pembelajaran yang disampaikan oleh guru, 2) faktor yang menjadi
pendukung berdasarkan penerapan teori tersebut adalah guru, teman dan lingkungan
sekolah, selain itu siswa juga faktor pendukung adalah fasilitas yang telah disediakan dari
sekolah dan faktor penghambat adalah masih minim fasilitas atau media pembelajaran, dan
3) guru menjelaskan dengan penyampaian yang baik dan dipaparkan berdasarkan hirarki
kebutuhan dari teori Abraham Maslow.

Published
2021-01-08