Pembelajaran Kolaboratif Melalui Pendekatan Sains, Teknologi, Masyarakat Dalam Meningkatkan Keterampilan Sains IPA di Sekolah Dasar

Pembelajaran Kolaboratif

  • Arafatul Soraya Soraya UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Abstrak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pembelajaran Kolaboratif Menggunakan Pendekatan Science, Technology, Society dalam Meningkatkan Keterampilan Sains di Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan studi literatur. Model pembelajaran sains kolaboratif menggunakan pendekatan sains, teknologi, masyarakat dalam meningkatkan keterampilan sains di sekolah dasar sebagai bentuk inovasi pembelajaran untuk membekali siswa dengan kemampuan abadke-21. Model pembelajaran IPA kolaboratif berbasis Sains, Teknologi, Masyarakat merupakan model pembelajaran yang menekankan pada pembentukan kelompok heterogen dimana dalam kelompok tersebut mereka berinteraksi, bekerja sama, dan bertukar informasi untuk memecahkan masalah bersama-sama yang disajikan dalam berbagai bentuk representasi seperti kata-kata, gambar, simbol, grafik dan diagram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kolaboratif berbasis Sains, Teknologi, dan Masyarakat (STM) di sekolah dasar dapat meningkatkan keterampilan, kemampuan bekerja sama, berkolaborasi, meningkatkan interaksi sosial, kemampuan berpikir kritis, kemampuan kognitif, pemecahan masalah, memahami fenomena apa saja yang terjadi dan peningkatan sains IPA siswa.

Kata Kunci : pembelajaran kolaboratif, Keterampilan  IPA, Sains, Teknologi, dan Masyarakat (STM).

Diterbitkan
2024-06-12