UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MEMBACA SISIWA SD / MI

Kemampuan membaca siswa SD 045 Malintang, Proses pembelajaran membaca, Upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca

  • Ari Anto Ari STAIN Mandailing Natal
Kata Kunci: upaya, guru, kesulitan belajar, membaca

Abstrak

Abstrak

Adapun yang melatar belakangi peneliti mengambil permasalahan ini karena menurut peneliti bahwa membaca merupakan aspek yang sangat penting dalam proses pembelajaran terutama pada dasar untuk melajutkan ke jenjang selanjutnya. Hasil penelitian ini menunjukkan, Kemampuan siswa dalam belajar membaca di kelas I SD 045 Malintang berberda-beda disetiap kelasnya namun memiliki persamaan yang hampir sama terlihat dari hasil persentase data yang diperoleh hampir sama,  Proses belajar mengajar bagi siswa yang mengalami kesulitan belajar membaca di SD 045 Malitang juga memiliki perbedaan di dua kelas 1 tergantung dengan tindakan yang dilakukan guru di kelas, Faktor pendukung dan penghambat upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca siswa kelas I SD 045 Malintang juga memiliki permasalahan yang berbeda dan sama, Upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca siswa juga berbeda-beda.

Diterbitkan
2024-10-03