Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar
Implementasi Kurikulum Merdeka
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kurikulum merdeka di SD Negeri 200223 Padangsidimpuan. Penelitian ini berfokus pada implementasi kurikulum merdeka dalam merancang kurikulum operasional satuan pendidikan (KOSP), pembuatan modul ajar, pelaksanaan projek penguatan profil pelajar pancasila (P5), pembelajaran berdisferensiasi, pembelajaran IPAS, refleksi pembelajaran, assesment diagnostik, formatif dan sumatif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis penelitian deskriptif, yang menggambarkan fenomena atau peristiwa yang terjadi di SD Negeri 200223 Padangsidimpuan terkait dengan implementasi kurikulum merdeka. Teknik Pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil peneitian ini menunjukkan bahwa implementasi kurikulum merdeka sudah terlaksana dengan baik atas dukungan maupun dorongan dari berbagai pihak dan juga terjalinnya kerjasama yang baik antar warga sekolah untuk mewujudkan pembelajaran yang berdiferensiasi, mewujudkan peserta didik sesuai dengan profil pelajar pancasila melalui kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Pembelajaran yang dilakukan di SD N 200223 Padangsidimpuan telah disesuaikan dengan minat, bakat dan kebutuhan gaya belajar peserta didik. Pelaksanaan kurikulum berjalan secara optimal meskipun terdapat berbagai hambatan maupun tantangan, tetapi melalui kerjasama, diskusi dan keterlibatan antar kepala sekolah dengan guru, satuan pendidikan dengan dinas pendidikan terkait, orangtua/wali peserta didik, stakeholder, masyarakat, instansi pemerintah, maka pelaksanaan kurikulum merdeka dapat dilaksanakan sesuai dengan yang diharapkan. Meskipun kedepannya masih perlu perbaikan dan pengembangan yang lebih baik.
Kata kunci: Kurikulum merdeka, sekolah dasar.