Perkembangan Sosial, Emosi, Moral Anak Sekolah Dasar
Perkembangan Sosial, Emosi, Moral Anak Sekolah Dasar
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik perkembangan sosial, emosional dan moral pada anak usia sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik perkembangan sosial, emosi, dan moral anak sekolah dasar sudah menyadari akan peran sosial, agama, ras, dan status sosial ekonomi dari teman sebayanya, menerima penilaian budaya dan sikap dewasa terhadap statusnya sehingga menimbulkan kesadaran kelompok dalam bersikap di lingkungan sosialnya. Karakteristik tersebut akan menetap sampai masa kanak-kanak akhir dan akan terus berlanjut sampai mereka dewasa jika pendidik memberikan stimulus dalam melanjutkan tugas perkembangannya secara matang. Stimulus tersebut berupa bimbingan, arahan, dan memberikan lingkungan sosial budaya yang baik dan sehat dalam perkembangan social, emosi, dan moralnya