PERKEMBANGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA YANG MENGALAMI PENURUNAN KUALITAS BELAJAR
Abstrak
Motivasi belajar memainkan peranan penting dalam menentukan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan antara motivasi belajar dan kinerja siswa di sekolah. Berdasarkan tinjauan pustaka dan analisis data yang komprehensif, ditemukan bahwa siswa dengan motivasi belajar yang tinggi cenderung meraih hasil belajar yang lebih baik dibandingkan dengan teman sebayanya yang kurang termotivasi. Penurunan kualitas belajar siswa, yang sering dikaitkan dengan motivasi yang rendah, dapat menjadi indikator penting mengenai perlunya dukungan dari guru, teman, dan keluarga dalam menciptakan lingkungan belajar yang positif. Siswa yang mengalami penurunan motivasi sering kali merasa lesu, pesimis, dan kurang percaya diri, meskipun memiliki potensi yang cukup besar. Penurunan motivasi ini berdampak negatif pada kualitas belajar mereka, yang cenderung lambat dan kurang optimal. Namun, dengan dukungan yang konsisten dalam bentuk dorongan, motivasi, dan perhatian dari lingkungan sekitar, motivasi belajar siswa dapat direvitalisasi. Penelitian ini juga mengidentifikasi faktor-faktor yang berkontribusi terhadap kurangnya motivasi belajar dan menyoroti efek positif dari penguatan sosial serta umpan balik positif dalam meningkatkan motivasi siswa dan hasil akademik.