Implikasi dan Implementasi Nilai Islam Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar
Abstrak
Pentingnya mempelajari ilmu dikaitkan dengan ilmu Agama, agar setelah apa yang dipelajari lebih mengandung makna yang dalam. Agama Islam menjunjung tinggi ilmu pengetahuan Islam, sehingga setiap muslim wajib menuntut ilmu sedalam mungkin. Salah satu implikasi dari terselenggaranya kurikulum Merdeka pada tingkat Madrasah Ibtidayah atau Sekolah Dasar adalah menyatunya beberapa muatan pelajaran (umum) dalam satu tema. Penggabungkan tersebut dengan sendirinya semakin memberikan jarak atau dikotomi antara kelompok muatan pelajaran umum dengan mata pelajaran PAI. Oleh itu, perlu kompetensi yang disebut sebagai integrasi yaitu memadukan muatan pelajaran umum dengan ruh nilai-nilai Islam Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengungkapkan implikasi serta impementasi pengintegrasian nilai-nilai Islam dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SDIT Nur Ihsan Medan. Metode pada penelitian ini adalah kualitatif dengan studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Dari penelitiian ini ditemukan bahwa level pengintegrasian nilai-nilai Islam pada pembelajaran bahasa Indonesia di SDIT Nur Ihsan Medan meliputi level filosofis, metode dan pendekatan research, level materi, level strategi, level evaluasi. Satu hal yang unik yang dimiliki oleh sekolah ini adalah pengintegrasian pada level komunikasi. Level pengintegrasian di SDIT ini juga perlu didukung oleh pengetahuan dan pemahaman guru mengenai keterkaitan serta penerapan integrasi Islam dengan ilmu yang komprehensif tidak hanya pada level aksiologi dan epistimologinya, namun juga ontologinya.