Manajemen Mentoring Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan Pembentukan Religiusitas Peserta Didik SMP It Az Zahra Kabupaten Aceh Tengah

  • Deski Halomoan Arigayo IAIN LHOKSEUMAWE
  • Iskandar IAIN LHOKSEUMAWE
  • Almuhajir IAIN LHOKSEUMAWE

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi Mentoring Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan religiusitas peserta didik di SMP IT Az Zahra Kabupaten Aceh Tengah. Penelitian ini menggunakan Jenis penelitian kualitatif (qualitative research) dengan pendekatan fenomenologi. Sumber data diambil dari berbagai setting dan berbagai sumber. Ketika mengambil data dari settingnya, peneliti mengumpulkan data secara alamiah (natural setting). Sumber data terbagi menjadi dua yaitu data primer dan data skunder  yang dilakukan dengan observasi (pengamatan), wawancara (interview), dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan beberapa langkah yaitu menganalisis data dengan tiga langkah : kondensasi data (data condensation), menyajikan data (data display), dan menarik simpulan atau verifikasi (conclusion drawing and verification). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Perencanaan yang dilaksanakan merupakan hasil kesepakatan yang diputuskan dengan seluruh pihak melalui kegiatan rapat awal tahun berdasarkan hasil evaluasi program pada tahun sebelumnya untuk mengembangkan program pendidikan yang diterapkan khusus untuk sekolah tertentu sesuai dengan tujuan yang di inginkan sekolah dengan kekhasan dan potensi yang ada disekolah tersebut, 2) Penetapan standar kompetensi dan indikator serta urutan sasaran dan tujuan. Menentukan materi, strategi, metode yang dilaksanakan dan pemahasan. Pada tahap pelaksanaan ini para peserta didik diberikan catatan mutaba’ah yaumiyah untuk evaluasi amalan sehari-hari, 3) Evaluasi kegiatan dapat dilihat dari tersusunya kurikulum program yang menjadi acuan standar kompetensi yang akan dicapai serta terlaksannya kegiatan sesuai dengan perencanaan.

Referensi

Abdul Halik, “Implementasi Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Intelectual, Emotional, Dan Spiritual Quotient” Disertasi, Pascasarjana UIN Alaudin Makasar, 25 Agustus 2013.

Ahmad, Jumal. Religiusitas, Refleksi dan Subjective Keagamaan : Yogyakarta : CV. Budi Utama, 2020.

Ahmad Tafsir, Metodologi Pengajaran Agama Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.

Alim, Muhammad. Pendidikan Agama Islam (Upaya Pembentukan Pemikiran dan Kepribadian Muslim) : Bandung : Alfabeta, 2011.

Anwar, Chairul. Hakikat Manusia dalam Pendidikan : Sebuah Tinjauan Filosofis : Yogyakarta : SUKA-Press, 2014.

Amiruddin, Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan Islam : Yogyakarta : K- Media, 2021.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek : Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2002.

Asy-Syaikh Fuhaim Musthafa. Manhaj Pendidikan Islam Anak Muslim, Terj.Abdillah Obid dkk : Jakarta : Mustaqim, 2004.

Depdiknas, Undang-undang RI No.20 tahun 2003 Tentang sistem

pendidikan nasional, 2003.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. Strategi Belajar Mengajar : Jakarta : PT . Rineka Cipta, 2010.

Farikhah, Siti M.Pd. Manajemen Lembaga Pendidikan : Yogyakarta : Aswaja Presindo, 2011.

Fuad Nashori dan Rachman Diana Mucharam. Mengembangkan Kreativitas dalam Perspektif Psikolog : Yogyakarta : Menara Kudus, 2002.

Gilang Faisal Andrian, N. Kardinah, Ening Ningsih, Evaluasi Program Mentoring Agama Islam dalam Meningkatkan Komitmen BerAgama UIN Sunan Gunung Djati, Jurnal Psikologi Islam dan Budaya, Edisi Oktober 2018, Vol.1, No.2.

Ghufron, M. dan Risnawati, N.R. Teori - Teori Psikologi : Yogyakarta: Ar-

Ruzz Media, 2014.

Hardiyana, Siti. “Pengaruh Guru PKN Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik” : Jurnal Ilmiah Ppkn IKIP Veteran : Semarang, 2014.

Jalaluddin. Psikologi Agama : Jakarta : PT. Raja Grafindo, 2009.

Latif, Abdul. Pendidikan Berbasis Nilai Kemasyarakatan : Bandung : Refika Aditama, 2006.

Lubis, S. H. Menggairahkan Perjalanan Halaqah : Kiat Agar Halaqah Lebih Dahsyat Full Manfaat (Cetakan ke-6) : Yogyakarta : Pro-U Media, 2013.

Manab, Abdul. Manajemen Kurikulum Di Madrasah : Yogyakarta : Kalimedia, 2015.

Maryani. Korelasi Antara Cara Belajar dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Peserta Didik. Skripsi : Yogyakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 2013.

Miles, Metthew, B, Huberman, A.M, & Saldana, J. Qualitative Data Analysis, A

Methods Sourcebook, Edition 3. USA : Sage Publications. Terjemahan

Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press, 2014.

Moleong, L. J. Metode Penelitian Kualitatif : Bandung : Remaja Rosada Karya, 2010.

Muhammad Ruswandi dan Rama Adeyasa. E-book Manajemen Mentoring, Karawang : Ilham Publishing, 2012.

Mukhtar, Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif : Jakarta : Referensi, 2013.

Ngainun Naim. Character Building Optimalisasi Peran Pendidikan dalam Pengembangan Ilmu dan Pembentukan Karakter Bangsa : Yohyakarta : AR-RUZZ MEDIA, 2014.

Novan Ardy Wiyani. Inovasi Kurikulum dan Pembelajaran PAI SMA Berbasis Pendidikan Karakter : Yogyakarta : AR-RUZZ MEDIA, 2016.

Nurlaila, Enok Rohayati, Efektivitas Mentoring terhadap Pengamalan Keagamaan Maha Peserta Didik Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya Palembang, Jurnal Ta’dib, Vol 22 (1), 2019, (Januari-Juni).

Nurmawati, Leni. Implikasi Pendidikan Agama Islam dalam Kegiatan Mentoring Terhadap Perkembangan :

Nur Karim Tindani, Efektifitas Pembelajaran : Studi pada Mentoring PAI STMIK Jabar, Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam, Vol (1), No. 1, 2021.

Rama Adeyasa, Muhammad Ruswandi. E-book Manajemen Mentoring : Karawang : Ilham Publishing, 2012.

Ramayulis, Metodelogi Pendidikan Agama Islam : Jakarta : Kalam Mulia, 2005.

Rue, LW ,George R. Terry. Dasar-dasar Manajemen : Jakarta : Bumi Aksara: 2005.

Sajirun, Muhammad. Manajemen Halaqah Efektif : Solo: Era Adicitra Intermedia, 2011.

Sjarkawi. Pembentukan Kepribadian Anak : Jakarta : Bumi Aksara, 2008.

Siti Farikhah, M.Pd, Manajemen Lembaga Pendidikan, Yogyakarta, Aswaja Presindo, 2011.

Siti Hardiyana. Pengaruh Guru PKN Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Ppkn IkKIP Veteran Semarang, 2014.

Subandi. Psikologi Agama dan Kesehatan Mental : Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2013.

Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan : Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2010.

Suroso, F. N, Ancok. D. Psikologi Islami : Yogyakarta : Penerbit Pustaka Pelajar, 2005.

Suroso, F. N, Ancok. D. Psikologi Islami Solusi Islam atas Problem-problem Psikologi : Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2011.

Sugiyono. Metode Penelitian pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D : Bandung : Alfabeta, 2010.

Sugiyono, Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods) : Bandung: Alfabeta, 2015.

Taufiqurrahman, S.Sos, M.Si, Konsep dan Kajian Ilmu Perencanaan, Jakarta Pusat: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 2008.

Triwiyanto, Teguh. Pengantar Pendidikan : Jakarta : Bumi Aksara, 2014.

Widiati, “Implementasi Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Nilai-Nilai Religius Pada Peserta Didik Smp Muhammadiyah 3 Metro” Tesis Pascasarjana UIN Raden Intan Lampung, 28 Januari 2019.

Diterbitkan
2023-08-07