Implementasi Layanan Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember

  • Hilda Yulianti UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan implementasi layanan ekstrakurikuler Pramuka dalam membentuk karakter peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Pendekatan kualitatif digunakan untuk mendalami pengalaman, persepsi, dan sikap peserta didik terhadap program Pramuka sebagai instrumen pembentuk karakter. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menyoroti kontribusi positif layanan ekstrakurikuler Pramuka dalam membentuk karakter peserta didik, dengan penekanan pada nilai-nilai kepemimpinan, kemandirian, solidaritas, dan kejujuran. Implikasi temuan ini untuk pengembangan kurikulum dan implementasi kegiatan ekstrakurikuler di sekolah untuk memperkuat pembentukan karakter peserta didik.

References

Aeni, K., & Astuti, T. (2020). Implementasi Nilai-Nilai Multikultural Di Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 178–186. https://doi.org/10.24176/re.v10i2.4479

Al Azizi, N. Q. U. (2018). Kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan terhadap pendidikan karakter kedisiplinan. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 12(2), 40. https://doi.org/10.32832/jpls.v12i2.2793

Alghifari, F. H. (2023). Peran Ekstrakurikuler Pramuka dalam Membentuk Karakter Peserta didik Madrasah Ibtidaiyah Di Era Digital. Tarbawiyat, 2(01), 54–68. https://ejournal.staialakbarsurabaya.ac.id/index.php/tarbawiyat/article/view/65%0Ahttps://ejournal.staialakbarsurabaya.ac.id/index.php/tarbawiyat/article/download/65/37

Budiono, Marhamah, S. H. B., & Lutfiana, R. F. (2022). Analisis Karakter Gotong Royong Dalam Ekstrakurikuler Pramuka. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 7(1), 94–100. https://doi.org/10.21067/jmk.v7i1.7073

Elisa, Prasetyo, S. A., & Hadi, H. (2019). Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2), 114–121.

Kardinus, W. N., & Akbar, S. (2022). Implementasi Program Pendidikan Karakter Untuk Membangun Sikap Kepedulian Sosial. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 16(1), 31–40.

Kurniawati, Q. (2019). Hubungan Persepsi Siswa dan Minat Dengan Kedisiplinan Siswa Dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 7(2), 328–335. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v7i2.4788

Nurdin, N., Jahada, J., & Anhusadar, L. (2021). Membentuk Karakter melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka pada Anak Usia 6-8 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 952–959. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1603

Reka, W., Burhanuddin, B., & Sunandar, A. (2020). Pembinaan Potensi Kepemimpinan Siswa Melalui Layanan Ekstrakurikuler. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(3), 199–207. https://doi.org/10.17977/um027v3i32020p199

Salima, D. M. (2024). Analisis ekstrakurikuler wajib di sekolah dasar sebagai penguatan karakter pada kurikulum merdeka. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 330–335.

Sudarma, U. (2022). Pendidikan Karakter Dalam Mewujudkan Sumber Daya Manusia Berdaya Saing Menuju Indonesia Emas 2045. Jurnal Kajian Islam, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.59757/sharia.v1i1.4

Vitalis Tarsan, Maria Imel Dafrosi, & Remigius Baci. (2021). INTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA (Studi Kasus di SDK Wae Kajong). JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 5(1), 60–70. https://doi.org/10.36928/jipd.v5i1.713

Wardah Fadiyatunnisa, Nur Luthfi Rizqa Herianngtyas, M. P. (2023). Implementasi kegiatan gerakan pramuka dalam membentuk karakter peserta didik anggota gerakan pramuka di sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 2(55), 33–42.

Yusdinar, P., & Manik, Y. M. (2023). Pengaruh Ekstrakurikuler Pramuka terhadap Pembentukan Karakter Siswa. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(01), 183–190. https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i01.2407
Published
2024-06-13