Pendekatan Outcome Based Education dalam MBKM: Strategi Pengembangan Kurikulum di Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi pengembangan kurikulum berbasis
Outcome Based Education (OBE) dalam mendukung pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus
Merdeka (MBKM) di program studi Manajemen Pendidikan Islam. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah studi literatur, di mana data dikumpulkan melalui analisis dan sintesis
berbagai jurnal ilmiah yang relevan. Temuan menunjukkan bahwa penerapan OBE secara efektif
dapat meningkatkan relevansi kurikulum dengan kebutuhan dunia kerja, serta mendorong
keterlibatan aktif mahasiswa dalam proses pembelajaran. Selain itu, penelitian ini
mengidentifikasi tantangan dalam integrasi OBE dan MBKM, seperti perlunya dukungan dari
pimpinan institusi dan pelatihan bagi dosen. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa
pengembangan kurikulum berbasis OBE bukan hanya meningkatkan kualitas pendidikan, tetapi
juga mempersiapkan lulusan untuk menghadapi tantangan di dunia kerja. Rekomendasi praktis
untuk pengelola program studi dan pengambil kebijakan mencakup kolaborasi dengan
stakeholder, inovasi dalam metode pengajaran, serta pengembangan sistem penilaian yang
komprehensif untuk mencapai yang diharapkan.
References
Anwar, F., & Rahayu, P. (2020). Pengembangan kreativitas dan inovasi mahasiswa dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(2).
Dewi, I., & Sari, M. (2021). Pembelajaran berbasis proyek dalam MBKM: Studi kasus pada program studi Pendidikan Islam. Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1).
Fitrah, E., & Hadi, S. (2020). Implementasi Outcome-Based Education (OBE) dalam pembelajaran di perguruan tinggi. Jurnal Penelitian Pendidikan.
Firdaus, M., & Marzuki, H. (2021). Evaluasi dan penilaian berbasis capaian dalam pendidikan tinggi: Studi kasus Prodi Manajemen Pendidikan Islam. Jurnal Riset Pendidikan, 15(1).
Hasanah, S., & Fadilah, A. (2021). Fleksibilitas mata kuliah dalam kurikulum Prodi Manajemen Pendidikan Islam: Meningkatkan relevansi lulusan di dunia kerja. Jurnal Pendidikan dan Kemanusiaan, 19(4).
Hasanah, S., & Zainuddin, R. (2020). Evaluasi pembelajaran berbasis outcome dalam konteks MBKM: Tantangan dan peluang. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 8(3).
Hidayat, R., & Amalia, S. (2021). Outcome-Based Education dalam perspektif pendidikan tinggi di Indonesia: Studi kasus pada Fakultas Teknik. Jurnal Teknologi Pendidikan.
Iskandar, Y., & Kusnandar, A. (2019). Penerapan pendidikan berbasis capaian (Outcome-Based Education) dalam pembelajaran di perguruan tinggi. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.
Ismail, R., & Haryanto, H. (2021). Peningkatan kemampuan interpersonal melalui pertukaran pelajar dalam program MBKM. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 23(4).
Mardiana, S., & Iskandar, H. (2021). Integrasi capaian pembelajaran dalam pengembangan kurikulum: Studi kasus pada Prodi Manajemen Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 24(1).
Nugroho, H. (2021). Pentingnya pemilihan artikel dalam studi literatur: Pendekatan kritis dalam penelitian pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(1).
Permana, R. (2021). Pengaruh program MBKM terhadap daya saing lulusan perguruan tinggi di Indonesia. Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(3).
Prihadi, M., & Suyanto, T. (2022). Kesiapan mahasiswa menghadapi dunia kerja melalui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1).
Putra, A., & Zainuddin, R. (2022). Pembelajaran aktif dan kolaboratif dalam Prodi Manajemen Pendidikan Islam: Implementasi dalam konteks MBKM. Jurnal Manajemen Pendidikan, 13(2).
Rakhman, F., Supriyadi, A., & Hidayat, A. (2020). Studi literatur sebagai metode penelitian dalam pendidikan: Kelebihan dan kekurangan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 25(2).
Rini, E., & Prasetyo, D. (2020). Keterlibatan stakeholder dalam pengembangan kurikulum: Perspektif program studi Manajemen Pendidikan Islam. Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(3).
Subekti, I., & Anwar, L. (2022). Konsistensi pencapaian kompetensi dalam implementasi OBE dan MBKM di program studi keagamaan. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 15(2).
Sutrisno, T., & Hidayat, A. (2021). Tantangan integrasi Outcome-Based Education dengan konsep MBKM dalam pendidikan tinggi di Indonesia. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(1).
Wahyudi, M., & Hermawan, D. (2022). Mengembangkan kompetensi lintas disiplin melalui MBKM: Perspektif OBE di perguruan tinggi. Jurnal Pendidikan Indonesia, 11(2).
Widiastuti, R. (2021). Pendekatan tematik dalam analisis studi literatur: Metode dan aplikasi. Jurnal Riset Pendidikan, 12(3).
Yusuf, M., & Irawan, F. (2021). Kesiapan sumber daya dalam pelaksanaan OBE dan MBKM di perguruan tinggi. Jurnal Manajemen Pendidikan, 13(4).