PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SD IT HAJI DDJALALUDDIN

  • Reni Septrisia STAIN MANDAILING NATAL
  • Fenny Ayu Monia Ayu Monia
  • Imam Hanafi
Keywords: Kepala Sekolah, Mutu, Pendidikan

Abstract

Penelitian mini adalah untuk mengetahui peran kepala sekolah dalam peningkatan mutu  pendidikan  melalui manajemen  berbasis sekolah,  maka jika ditinjau dari segi tempat penelitian ini termasuk penelitian lapangan (fild research). peneliti langsung menggali data di lapangan, yaitu di SD IT Haji Djalaluddin disamping itu penelitian bersifat kualitatif, yaitu penelitian yang prsedurnya menghasilkan data deskriptif yang berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang atau perilaku yang diamati.

 

Peran kepala sekolah dalam peningkatan mutu Pendidikan  melalui Manajemen Berbasis  Sekolah di SD IT Haji Djalaluddin tahun pelajaran 2019/2020, yaitu sebagai berikut; (a). Peran Kepala sekolah sebagai pemimpin (leader) (b). Peran Kepala sekolah sebagai supervisor (c). Peran Kepala sekolah sebagai educator (d). Peran Kepala sekolah sebagai innovator (e). Peran Kepala sekolah sebagai motivator.

 

Peran guru dalam  peningkatan mutu Pendidikan  melalui  Manajemen Berbasis Sekolah di SD IT Haji Djalaludding tahun pelajaran 2019-2020, yaitu sebagai berikut; (a). Dalam proses belajar mengajar guru  telah menggunakan metode atau strategi yang bervariasi. (b). Mengikuti peningkatan kompotensi guru. (c). Mendampingi siswa dalam kegiatan ekstrakulikuler keagamaan. (d). Memberikan bimbingan dan teladan pada siswa. (e). Memberikan motivasi kepada siswa.

Published
2021-01-08