Strategi Guru Meningkatkan Motivasi Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Di SMA 1Panyabungan Barat

  • Ahmad Ali Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi motivasi dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran matematika tidak dapat dipisahkan dari kegiatan belajar. Adapun tujuanĀ  penelitian ini untuk mendeskripsikan strategi guru dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran matematika untuk mengetahui apa saja kendala guru dalam proses meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Panyabungan Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Informan penelitian ini Guru matematika, siswa. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Serta teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pertama, strategi guru dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran Matematika di SMA Negeri 1 Panyabungan Barat yaitu melalui beberapa upaya yang telah diterapkan oleh guru yaitu: kesiapan fisik, mental, meningkatkan konsentrasi, meningkatkan minat dan motivasi dan Prestasi, menggunakan strategi belajar, metode pembelajaran yang beragam, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, memberikan apresiasi dan evaluasi pembelajaran. Kedua, faktor pendukung adanya dukunganĀ  warga sekolah, sarana dan prasarana, dan pemilihan metode, strategi, media yang baik dalam proses pembelajaran. Sedangkan faktor penghambat kurangnya persiapan guru, kurangnya kepedulian siswa terhadap materi yang dijelaskan, masih ada siswa yang mengobrol sendiri dan belum aktif dalam mengikuti proses pembelajaran.

References

Fathor Rasyid. (2022) Metodologi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif Teori, Metode, Dan Praktek, IAIN Kediri Press, ISBN:978-623-7682-12-7

Imam Gunawan. (2017) Metodologi Penelitian Kualitatif, (Jakarta: PT Bumi Aksara,), h. 79

Lexy J. Moleong. (2000) Metode Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT. Remaja Rodakarya,), h. 3

Nasution, A.F (2023). Metode Penelitian Kualitatif, CV. Harfa Creative Jl. Cibadak, Astanaanyar, Bandung, ISBN: 978-623-184-037-0

Sungkono. 2008 Pemilihan dan Penggunaan Media dalam Proses Pembelajaran, Jurnal Ilmiah Pembelajaran, Vol. 4 No. 1, hlm. 78

Rohayati. 2023 Strategi Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Kelas Iv di Sd It Harapan Bunda 2 Purwokerto Universitas Islam Negeri Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto 2023.

Published
2025-06-15