Pengaruh Kebijakan Pembinaan Keislaman Terhadap Kompetensi Profesionalisme Dosen Universitas Islam Riau

  • Musaddad Harahap Universitas Islam Riau, Indonesia
  • Miftah Syarif Universitas Islam Riau, Indonesia
  • Sholeh Universitas Islam Riau, Indonesia
Keywords: Pembinaan, Keislaman, Dosen, Profesionalisme

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah pentingnya eksistensi dosen di perguruan tinggi. Banyak faktor yang menentukan keberhasilan pendidikan di perguruan tinggi, salah satunya adalah dosen yang profesional. Rumusan masalah penelitian adalah bagaimana pengaruh kebijakan pembinaan keislaman terhadap profesionalisme dosen Universitas Islam Riau. Asumsi awal sebelum dilakukan penelitian adalah terdapat pengaruh pembinaan keislaman terhadap terhadap profesionalisme dosen di Universitas Islam Riau. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, instrument pengumpulan datanya adalah angket. Untuk analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Setelah dilakukan riset maka ditemukan nilai signifikansi 0.02 < probabilitas 0.05, hal ini mengindikasikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kebijakan pembinaan keislaman terhadap profesionalisme dosen di Universitas Islam Riau. Pengaruh kebijakan pembinaan keislaman terhadap profesionalisme dosen  di Univeristas Islam memiliki pengaruh positif berdasarkan nilai b = angka koefisien 0.555. Besaran pengaruh antara kebijakan pembinaan keislaman terhadap profesionalisme dosen adalah 17.1%, sisanya sebesar 82.9% diprediksi dipengaruhi faktor-faktor lain. Sementara jika dilihat hubungan antara kedua variabel penelitian ini volumenya hanya pada level cukup kuat. Hal ini ditentukan berdasarkan nilai R sebesar 0.413, angka ini terletak pada rentang 0.40 – 0.599. Dengan demikian untuk meningkatkan profesionalisme dosen perlu sekali pimpinan untuk selalu mengadakan kegiatan-kegiatan keagamaan sehingga kesadaran keagamaan dosen tumbuh. Tumbuhnya kesadaran keagamaan dosen, secara teori akan dapat meningkatkan kinerja akademik mereka.

References

Al-Attas, Syed Muhammad Naquib. Risalah Untuk Kaum Muslimin. Kuala Lumpur: ISTAC, 2001.

Badrudin. Akhlak Tasawuf. Serang: IAIB Press, 2015.

Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa, 2008.

Departemen Pendidikan Nasional. Tesaurus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa, 2008.

Elihami. Keislaman. Yokyakarta: Deepublish, 2018.

Fathurrahman, Pupuh. dan M. Sobry Sutikno. Strategi Belajar Mengajar Melalui Konsep Islam dan Umum. Bandung: Refika Aditama, 2007.

Fauzi. Sejarah Hukum Islam. Jakarta: Kencana, 2018.

Hendra, Muhammad. Menghidupkan Islam Yokyakarta: Deepublish, 2018.

Husaini. "Pengaruh Profesional Dosen Terhadap Kualitas Pembelajaran Dosen Agama Islam di Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Pattimura." PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran 1.1 (2017): 9-16.

Nata, Abudin. Studi Islam Konprehensif. Jakarta: Kencana, 2001.

Neck, Christopher P. dan John F. Milliman. "Thought self‐leadership: Finding spiritual fulfilment in organizational life." Journal of managerial psychology (1994), h. 9.

Peraturan YLPI Riau Nomor: 01/PER/YLPI-IX/2018 tentang Statuta Universitas Islam Riau Tahun 2018.

Pratama, Abdul Aziz Nugraha. "Pengaruh Spiritualitas, Intelektualitas, dan Profesionalisme terhadap Kinerja Dosen STAIN Salatiga." INFERENSI: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan 8.2 (2014): 415-436.

Prayitno. dan Belferik Manullang. Pendidikan Karakter dalam Pembangunan Bangsa. Jakarta: Kencana, 2011.

Rustam, Rusyja. dan Zainal A. Haris. Buku Ajar Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi. Yokyakarta: Deepublish, 2018.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2014.

Suyanto. dan Asep Jihad. Menjadi Guru Profesional, Strategi meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. Jakarta: Esensi Erlangga Group, 2013.

Undang-Undang Republik Indonesia Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-Undang Republik Indonesia Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.

Wahyuddin, et. al., Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia, 2009.

Published
2021-12-06