Strategi Pendidikan Karakter Kerjasama Guru dan Siswa di SMA Al-Ihsan Tanjung Lago

  • Wildan Nuril Ahmad Fauzi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Kgs. M. Roihan Adnan
  • Ermia Gusmiarti
Keywords: Sekolah, Guru dan Siswa, Kerjasama

Abstract

sebagai organisasi yang di dalamnya perlu adanya koordinasi dan masalah yang sering terjadi di sekolah kurangnya koordinasi atau kerjasama tim yang baik. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh kepala sekolah dan guru SMA Al-Ihsan Tanjung Lago dalam mendidik karakter kerjasama di sekolah. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif, pengumpulan data yaitu dengan cara wawancara secara langsung dan pengisian kuesioner via google form serta dianalisis menggunakan analisis deskriptif yaitu mengolah data wawancara dan kuesioner serta dihubungan dengan teori atau penelitian sebelumnya lalu dibuat interpretasi. Dalam penelitian ini, peneliti melaksanakan penelitian ini di SMA Al-Ihsan Tanjung Lago Kab. Banyuasin. Hasilnya menunjukkan bahwa strategi kepala sekolah dalam mendidik karakter guru sudah sangat bagus yaitu dengan menjalin hubungan kekeluargaan dan strategi yang digunakan oleh guru dalam mendidik karakter kerjasama siswa masih belum baik karena guru hanya mendidik karakter kerjasama di dalam jam pembelajaran dan tidak karakter kerjasama siswa di luar jam pembelajaran.

References

Dwi Yulianti, Silvy, Ery Tri Djatmika, and Anang Santoso. “Pendidikan Karakter Kerjasama Dalam Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar Pada Kurikulum 2013.” Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS 1, no. 1 (2016).

Hardisman, and Yulistini. “Pandangan Mahasiswa Terhadap Hamabatan Pada Pelaksanaan Skill Lab Di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas.” Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia 2, no. 3 (2013).

Hidayat, Syarif, A.Rahman Lubis, and M. Shabri Abd. Majid. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Kerjasama Tim Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Kepuasan Kerja Pada PT. Dunia Barusa Banda Aceh.” Jurnal Ekonomi Perspektif Darussalam 5, no. 1 (2019).

Komara, Endang. “Penguatan Pendidikan Kerjasama Dan Pembelajaran Abad 21.” SIPATAHOENAN: South-East Asian Journal For Youth, Sports & Health Education 4, no. 1 (2018).

Kusuma Pratiwi, Wahyu, and Dwiarko Nugrohoseno. “Pengaruh Kepribadian Terhadap Kerjasama Tim Dan Dampaknya Terhadap Kinerja Karyawan.” Jurnal BISMA 7, no. 1 (2014).

Minsih, Rusnilawati, and Imam Mujahid. “Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Membangun Sekolah Berkualitas Di Sekolah Dasar.” Jurnal Profesi Pendidikan Dasar 6, no. 1 (2019).

Mufid Anwari, Ahmad. Potret Pendidikan Karakter Di Pesantren. Tasikmalaya: Edu Publisher, 2020.

Nanda, Reza, and Darwanis. “Analisis Implementasi Anggaran Berbasis Kinerja Pada Pemerintah Daerah.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi (JIMEKA) 1, no. 1 (2016).

Rizki Putri, Amalla, Maison, and Darmaji. “Kerjasama Dan Kekompakan Siswa Dalam Pembelajaran Fisika Di Kelas XII MIPA SMAN Kota Jambi.” EduFISIKA: Jurnal Pendidikan Fisika 3, no. 2 (2018).

Sari, Yusni. “Peningkatan Kerjasama Di Sekolah Dasar.” Jurnal Administrasi Pendidikan 1, no. 1 (2013).

Setiyati, Sri. “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, Dan Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru.” Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan 22, no. 2 (2014).

Surminah, Iin. “Pola Kerjasama Lembaga Litbang Dengan Pengguna Dalam Manajemen Litbang (Kasus Balai Penelitian Tanaman Pemanis Dan Serat).” Jurnal Bina Praja 5, no. 2 (2013).

Tohari, Hamim. Tikrar Al-Qur’an Hafalan Tajwid & Terjemah: Hafal Tanpa Mengahafal. Bandung: Sygma Creative Media Corp, 2017.

Usman, and Dwi Ratnasari. “Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Yang Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kreatif Yang Diintegrasikan Dengan Pembelajaran Berbasis Proyek.” Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi 3, no. 1 (2019).

Wiranti Setiyanti, Sri. “Membangun Kerjasama Tim (Kelompok).” Jurnal STIE Semarang 4, no. 3 (2012).

Published
2022-04-01