Pembiayaan Pendidikan Islam Abad XXI: Analisis Terhadap UU Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Pembiayaan Pendidikan Islam di Madrasah

  • Faisal Musa Nasution STAIN Mandailing Natal
  • Sawaluddin
Keywords: pembiayaan, pendidikan Islam, kualitas, dan manajemen.

Abstract

Sebagai pendidikan formal, madrasah dalam Sistem Pendidikan Nasional memiliki kedudukan yang sama dengan lembaga sekolah pada umumnya, namun realitanya di lapangan masih terdapat perbedaan, khususnya dalam hal sarana prasararan dan pembiayaan pendidikan yang masih jauh dari ideal. Hal tersebut mengakibatkan pendidikan Islam masih tertinggal jauh di belakang, untuk itu perlu manajemen yang dan tata kelola finansial pendidikan yang baik. Tujuan penelitian  adalah untuk mengetahui pengelolalan Pembiayaan Pendidikan Islam Abad XXI; Analisis tehadap UU Nomor 20Tahun 2003 tentang Pembiaya Pendidikan Islam di Madrasah. Iplikasi dari penelitian ini diharapkan menjadi tolak ukur dalam mengelola pendidikan Islam di Abad XXI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan library research, dengan sumber data UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan tentang Pembiayaan Pendidikan Islam Abad XXI; Analisis tehadap UU Nomor 20Tahun 2003 tentang Pembiaya Pendidikan Islam di Madrasah, maka dapat di tarik kesimpulan bahwa pembiayaan madrasahh adalah: pertama Dana yang bersumber dari pemerintah pusat dan daerah, kedua Zakat, Infak, Shodaqoh dan Wakaf, ketiga Dana yang bersumber dari masyarakat (orangtua siswa), keempat dana yang berasal dari bantuan-bantuan masyarakat bukan orang tua siswa termasuk diantaranya lembaga-lembaga donor dalam dan luar negeri.

References

Al Rasyidin. 2011. Demokrasi Pendidikan Islam, Nilai-Nilai Intrinsik dan Instrumental, Bandung: Cita Pustaka.

Arikunto, Suharsimi. 2008. Manajemen Pendidikan, Yogyakarta: Aditya Media.

Asari, Hasan. 2017. Menguak Sejarah Mencari ‘Ibrah Risalah Sejarah Sosial-Intelektual Muslim Klasik, Medan: Perdana Publishing.

Asari, Hasan et.al.2016. Falsafah Pendidikan Islam: Menguak Nilai-Nilai Pendidikan dalam Tradisi Islam, Medan: Perdana Publishing.

Budimansyah, Dasim. 2008. Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Penguatan Partisipasi Masyarakat, Jurnal Educationist 2, No. 1 Januari.

Daulay, Haidar Putra. 2004. Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional Indonesia, Jakarta: Kencana.

Departemen Agama RI. 2003. Pedoman Manajemen Berbasis Madrasah, Jakarta: Dirjen Kelembagaan Islam.

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Jakarta Tahun 2003, UU Nomor 20 Tahun 2003Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Dwiningrum, E.Siti Irene Astuti. 2011. Desentralisasi dan Partisipasi Masyarakat dalam Pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fatah , Nanang.2000. Ekonomi dan Pembiayaan Pendidikan, Bandung: Rosdakarya.

Https://uin-malang.ac.id/r/160701/ berbagai-problem-lembaga-pendidikan-islam.html, diakses pada hari Kamis, tanggal 30 April 2020.

Https://news.detik.com/adv-nhl-detikcom/d-4669262/alokasi-dana-pendidikan-20-apbn-begini-caranya-biar-tepat-sasaran, diakses pada hari Kamis, tanggal 30 April 2020.

Lubis, Halfian. 2007. Pertumbuhan SMA Islam Unggulan di Indonesia: Studi Tentang Strategi Peningkatan Kualitas Pendidikan, Disertasi pada Progam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Malayu S.P. Hasibuan. 2001. Manajemen Dasar, Pengertian dan Masalah, Jakarta: Bumi Aksara.

Matin, 2006. Manajemen Pembiayaan Pendidikan Konsep dan Aplikasnya, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Munir, Ahmad, 2017. Manajemen Pembiayaan Pendidikan dalam Persfektif Islam, Jurnal At-Ta’dib Vol.8,No.2 Tahun.

Mulayasa, E. 2002. Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi dan Implementasi, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Nanang Fatah. 2000. Ekonomi dan Pembiayaan Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya,.

Nata, Abuddin. 2010. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana.

Nata, Abuddin. 2016. Pendidikan dalam Persfektif al-Qur’an, Jakarta: PT. Predanamedia Grup.

Ramayulis. Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2011, hlm. 296-297

Sagala, Syaiful. 2009. Manajemen Stratejik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan, Bandung: Alfabeta.

Sawaluddin. 2017. Potensi Indra, Akal, dan Kalbu Menurut Al-Qur’an dan Aplikasinya Dalam Pengembangan Pendidikan Dasar, Pekanbaru: UIN Suska Riau, Disertasi.

Sawaluddin, Sainab. 2019. THE INTELLIGENT MEANING IN THE QUR'AN: Nalysis Of The Sure Potential In The Al-Qur'an As A Dimension Of Human Psychic Insaniah, Jurnal Madania: Volume 9 : 2, 2019 (e-ISSN 2620-8210 p-ISSN)

Siahaan, Amiruddin. 2016. Aspek Finansial Pendidikan Islam, Jurnal Cendikia Vol. 1 No. 1 Januari-April.

Published
2020-07-02