Efektifitas Belajar Daring di Cafe Shop
Abstract
Abstarak: Tulisan ini menjelaskan tentang keefektipan belajar daring di cafe selama masa pandemi covid-19 dengan menggunakan survey lapangan dikalangan pelajar dan mahasiswa di Mandailing Natal. Survey dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan menunjukkan hasil bahwa belajar dengan menggunakan cafe sebagai tempat pilihan bukanlah tempat yang selalu efektif untuk menunjang keefektipan proses belajar mengajar daring selama masa pandemi covid-19, namun bisa menjadi efektif untuk jangka waktu pembelajaran singkat seperti satu mata pelajaran, dan untuk mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru atau dosen, terutama sekali tugas dan penggunaan aplikasi dengan kuota tinggi sehingga sulit menggunakan smartphone yang kuota dan kualitas jaringannya rendah dan tidak lancar, sedangkan cafe mampu menyediakan gratis wifi yang tidak terbatas pemakainnya oleh pengunjung. Cafe juga mampu menghilangkan kejenuhan dan stress pelajar selama menjalankan proses belajar daring dari rumah.
Abstract: This article discusses about the efektivitas daring study in cafe shop as when as pandemic covid-19. The writer did the survey to the students at Mandailing Natal by using kualitatif approach with the result that using cafe as a place to study is not always efective to use.but it’s can be effective to use for short study and doing home work which has given the teachers or the lectures. Especially for doing home work and applying the application which need high internet quota. It’s also can be efefective to relaxes mind from the stress when doing daring study at home.
Key words: Efektifitas, Belajar Daring, Cafe Shop.