Pengaruh Strategi Pemasaran Pendidikan SMK Dan Minat Siswa Dalam Melanjutkan Studi Terhadap PPDB Madrasah Aliyah Swasta

  • Fhadilah Fiat Maulana UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
Keywords: Pemasaran Pendidikan, Minat, Penerimaan Peserta Didik Baru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui seberapa besar pengaruh strategi  pemasaran pendidikan  SMK dan minat siswa dalam melanjutkan studi terhadap Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Madrasah Aliyah Swasta di Kecamatan Menes. berdasarkan fakta yang ditemkan dalam tiga tahun terakhir PPDB Madrasah aliyah di kecamatan Menes mengalami penurunan, adanya kesenjangan jumlah siswa antara SMK dan Madrasah Aliyah, menunjukan perlunya peningkatan di bidang pemasaran.  metode penelitian yang digunakan kuantitatif, instrumen pengupulan data menggunakan angket,  data yang diperoleh diolah  menggunakan analisis  regresi linear berganda dan korelasi. dari pehitungan yang dilakukan diperoleh Fhitung = 22,121 dan Ftabel = 3,11 artinya Fhitung> Ftabel.  ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, kesimpulannya adalah terdapat pengaruh antara strategi pemasran pendidikan SMK dan minat siswa dalam melanjutkan studi terhadap PPDB Madrasah Aliyah Swasta di kecamatan Menes Pandeglang.

References

Alisuf, M Sabri. 2007. Psikologi Pendidikan Berdasarkan Kurikulum Nasional. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya.

Alma, Buchari. 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Alma, Buchari. 2005. Kewirausahaan, Bandung: Alfabeta.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Anam, khoirul. 2013. “Strategi Pemasaran Dan Implementasinya Dalam Lembaga Pendidikan” Jurnal Ta'allum Vol. 01. No.02 November.

Bahri, Syaiful, Djamarah. 2002. Psikologi Belajar, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Djaali. 2014. Psikologi Pendidikan, Jakarta:Bumi Aksara.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar, Bandung:Pustaka Setia.

Hestu B, Cipto Handoyo. 2009. Hukum Tata Negara Indonesia Yogyakarta:Universitas Atma Jaya.

Kotler, Philip, Kevin, Lane, Keller. 2016. Marketing Management Pearson.

Machali, Imam, dan Ara, Hidayat. 2016. The Handbook of Education Management: Teori Dan Praktik Pengeloaan Sekolah/Madrasah Di Indonesia, cet. ke-1, Jakarta: Prenadamedia Group.

Munadi, F. A. Ekonomi, F., & Gunadarma, U. 2008. Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Penjualan Kendaraan Motor pada CV Turangga Mas Motor. Journal of Economics.

Mustri, Mohamad. 2014. manajemen Pendidikan Jakarta:Raja Gravindo Persada.

Ramayulis. 2005. “Reaktualisasi Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Pasar Bebas” Padang: IAIN Imam Bonjol.

Rifai, Bahtiar. “SMA/SMK Prisma Serang Tutup, Yayasan Pilih Jual Bangunan Sekolah,” detiknews, accessed March 4, 2021, https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-5072691/smasmk-prisma-serang-tutup-yayasan-pilih-jual-bangunan-sekolah.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. Suyono, dan Hariyanti. 2012. belajar dan pembelajaran teori dan konsep dasar Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Syah, Muhibbin. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Tim Dosen Administrasi pendidikan. 2014. Manajemen Pendidikan, cet-ke 6 Bandung: Alfabeta.
Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2013.

Winardi. 2001. Motivasi dan Pemotivasian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Published
2022-06-30