PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA GURU

  • Linda Matondang STAIN Mandailing Natal
Keywords: Kinierja Guru, Kecerdasan Emosional, dan Kemampuan Komunikasi

Abstract

Dalam menghasilkan kinerja yang baik tentu saja tidak berdiri sendri, sebab banyak faktor yang dapat mempengaruhinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Kecerdasan Emosional dan Kemampuan Komunikasi berpengaruh secara bersamaan terhadap Kinerja Guru SMP Negeri se-Kecamatan Panyabungan Kota. Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di SMP Negeri se-Kecamatan Panyabugan Kota yaitu 354 responden. Sedangkan sampel penelitian mnggunakan stratified proportional random sampling diperoleh 177 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana dan regresi linear berganda dan pengujian hipotesis menggunakan uji t dan uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai signifikansi untuk pengaruh  secara bersamaan terhadap  adalah 0,000 < 0,05. Nilai 14,953)  (3,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa  yang berarti Kecerdasan emosional dan kemampuan komunikasi secara bersamaan terhadap kinerja guru SMP Negeri se-Kecamatan Panyabungan Kota.

References

Chairunnisa, C. (2016). Manajemen Pendidikan dalam Multi Perspektif. PT Raja Grafindo Persada.

Dirman, cd & C. J. (2014). Komunikasi dengan Peserta Didik dalam Rangka Implementasi Standar Proses Pendidikan Siswa (H. Nufus (ed.)). PT RINEKKA CIPTA.

Goleman, D. (2001). Kecerdasan Emosi untuk Mencapai Puncak Prestasi. PT Gramedia Pustaka Utama.

Junaidi. (2015). Kontribusi Iklim Sekolah dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Sekolah Dasar Negeri 1 Painan Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan. Universitas Negeri Padang.

Morreale, S. P., Spitzberg, B. H., & Barge, J. K. (2007). Human communication: Motivation, knowledge and skills. Belmont, California: Thomson Learning. Holly J. Allen. http://dx.doi.org/10.1016/j.tws.2012.02.007

Nizar, A. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, dan Penelitian Pengembangan. Citapustaka Media.

Payne, H. J. (2005). Reconceptualizing Social Skills in Organizations: Exploring the Relationship between Communication Competence, Job Performance, and Supervisory Roles. Journal of Leadership & Organizational Studies, 11(2), 63–77. https://doi.org/10.1177/107179190501100207

Saondi, O. & A. S. (2012). Etika Profesi Keguruan. PT Refika Aditama.

Supardi. (2013). Kinerja Guru. PT Raja Grafindo Persada.

Usman, H. dan R. P. S. A. (2012). Pengantar Statistika. PT Bumi Aksara.

Yatim Rianto. (2014). Paradigma Pembelajaran Baru: Sebagai Referens bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Published
2022-12-31