PENDIDIKAN KARAKTER PERSPEKTIF AL-GHAZALI

Analisis terhadap Pemikiran al-Ghazali tentang Pendidikan Karakter Sebagai Solusi Problem Dekadensi Moral dan Signifikansinya dalam Pendidikan di Indonesia

  • Mukarromah
  • Rohman
  • Rika Sartika
Keywords: Education, Character and Al-Ghazali

Abstract

Kajian pendidikan karakter ini menyajikan analisis pemikiran seorang ahli filsafat Pendidikan Islam bernama Al-Ghazali. Dalam penelitian ini, pemikiran Al-Ghazali tentang karakter berkaitan erat dengan konsep moral. Konsep moral (karakter) dalam pemikiran al-Ghazali dibagi menjadi dua kategori, yaitu kategori karakter yang harus dihindari dan kategori karakter yang harus dilakukan dalam proses pendidikan. Melalui kategori di atas, al-Ghazali berfokus pada pendidikan karakter husnul huluq (perilaku baik). Konsep husnul huluq menurutnya merupakan inti dari pendidikan karakter. Sehingga, pendidikan karakter Al-Ghazali sangat relevan untuk mengatasi masalah dekadensi moral yang kita hadapi saat ini dan di masa depan. Konsep pendidikan karakter al-Ghazali dapat dianalisis dengan tiga cara, antara lain: Karakter Manusia Cenderung Konservatif, Tidak Dapat Dipisahkan dari Teosentris dan Dipengaruhi oleh Pengalaman Spiritual. Pendidikan karakter al-Ghazali juga memiliki arti yang tinggi dalam pendidikan di Indonesia. Terbukti dari pesantren hingga perguruan tinggi keagamaan, karya-karyanya selalu dijadikan acuan dan bahan diskusi. Tak hanya itu, pendidikan karakternya tertuang dalam seluruh komponen pendidikan. Komponen pendidikan meliputi tujuan pendidikan, kurikulum, metode, pendidik dan peserta didik.

References

Alfaruqi, Jabir, “Sempurnalah Korupsi di Indonesia” Jawa Timur Pos (10 Maret 2010) dalam Kliping Artikel dan Surat Kabar Edisi Maret 2010, Surabaya: Perpustakaan IAIN Sunan Ampel Surabaya, 2010.

Arifin, Muzayyin, Filsafat Pendiddikan Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2003.

Ashraf, Ali, Horison Baru Pendidikan Islam, Jakarta: Pustaka Firdaus, 1989.

Bohlin, Karen E., dll, Building Character in School Resource Guide, San Fransisco: Jossey Bass, 2001.

Dahlan, Abdul Aziz, dll, Ensiklopedi Hukum Islam, Vol. 1, Jakarta: Ichtiar Baru Van Hoeve, 1997.

Dawud, Abu, Sunan Abu Dawud, Juz 4, Kitab: as-Sunnah, No. Hadits: 4716, Kairo, Dārul Hadits, 1999.

Departemen Agama, Proyek Peningkatan Perguruan Tinggi Agama (IAIN): Penyusunan Bibliografi Perspustakaan IAIN Seluruh Indonesia, Jakarta: Proyek Peningkatan Perguruan Tinggi Agama, 1988.


Durkheim, Emile, Moral Education, London: Free Press of Glencoe, 1973.


Fahman, Mundzar, Kiai dan Korupsi: Andil Rakyat, Kiai dan Pejabat dalam korupsi, Surabaya: Jawa Pos Press, 2004.

Al-Ghazali, Abu Hamid Muhammad, Aqīdah al-Muslim, Kuwait: Dār al-Bayān, tt.


_____________________________, Bidayatul Hidayah, Ethika Kehidupan, Terj. Oleh A. Mudjab Mahali, Yogyakarta: BPFE, 1984.

_____________________________, Ihya Ulumuddin, Jilid 2 & 4, Kairo: Dār al- Ihya al-Kutub al-Arabiyah, tt.

_____________________________, Raudhah al-Thālibīn wa ‘Umdah al-Sālikīn, Beirut: Dār al-Fikr, tt.

_____________________________, Al-Munqidz min al-Dhalāl, Abdul Halim Mahmud (Ed), Beirut: Dār al-Kutub al-Haditsah, 1968.

_____________________________, Tahāfut al-Falāsifah, Sulaiman Dunya (Ed), Kairo: Dār al-Ma’ārif, 1119.


_____________________________, Al-Arba’īn fī Ushūl al-Dīn, 40 Prinsip Agama, Terj oleh Tholib Anis, Bandung: Pustaka Hidayah, 2002.

___________________________________, Mi’ah Su’al ‘an al-Islam, Al-Ghazali Menjawab 40 Soal Islam, Terj. Oleh M. Tohir, Bandung: Mizan, 1993.


_____________________________, Setitik Cahaya dalam Kegelapan, Surabaya: Pustaka Progresif, 2001.

Al-Ghulayani, Syekh Mustofa, Idhotun Nasyi'in, Beirut: Al-Maktab Al-Aliyah, 1949.

Grube, G.M.A., Plato’s Thought, USA: Hackett Publishing Company, 1980.


Haris, Abdillah bin, al-Wasāya, Beirut: Dār al-Kutub al-Ilmiyah, 1996.

Masyur, Kahar, Membina Moral dan Akhlak, Jakarta: Rineka Cipta, 1994.

M., M. Arif A., Mengenang Hasil UN dan Harapan Unas ke Depan dalam Majalah Mimbar, No. 275,Agustus 2009.

Muhaimin, Kawasan dan Wawasan Studi Islam, Jakarta: Kencana, 2005.

Muslim, Imam, Shahih Muslim, Juz 9, Kitab: al-‘Ilm, Bab: 6, Hadis: 15, Beirut: Darul Kutub al-‘Ilmiah, 1994.

An-Nadwi, M. Fadlil Said an-Nadwi, Tuntunan Mencapai Hidayah, Surabaya: al-Hidayah, tt.

Najati, M. Utsman, Jiwa dalam Pandangan Para Filosofis Muslim, Jakarta: Pustaka Hidayah, 1993.

Nasution, Muhammad Yasir, Manusia Menurut al-Ghazali, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1996.

Nata, Abuddin, Manajemen Pendidikan: Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Kencana, 2007.

_____________, Perspektif Islam tentang Pola Hubungan Guru dan Murid (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2001.

_____________, Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam (Jakarta: Remaja Rosdakarya, 2000.

Al-Qawli, Abdul Azizi, Islām al-Dīn, Beirut: Dār al-Fikr, 1997.

Ridlo, Muhammad Jawwad, Tiga Aliran Utama Teori Pendidikan Perspektif Sosiologis-Filosofis, Yogyakarta: Tiara Wacana, 2002.

Rusn, Abidin bin, Pemikiran al-Ghazali tentang Pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1998.

Syamsuyusuf, Psikologi Belajar Agama: perspektif Agama Islam, Bandung: Pustaka Bani Quraisy, 2005.

Soleh, A. Khudori, Wacana Baru Filsafat Islam, Yogyakarta: pustaka Pelajar Offset, 2004.

Suriasumantri, Jujun S,, Ilmu dalam Perspektif, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2001.

Susanto, Joko, “Menstimulasi Jatim Minim Korupsi” Jawa Timur Pos, 27 Desember 2010.

Tan, Charlen, Philosophical Reflections for Educators, Singapore: Cengage Learning Asia, tt.

Thalhah, Imam, Membuka Jendela Pendidikan: Mengurai Akar Tradisi dan Integrasi Keilmuan Pendidikan Islam, Jakarta: Grafindo Persada, 2004.

At-Tirmidzi, Sunan at-Tirmidzi, Juz 4, Kitab: al-Qadr, Bab: Mā Jā'a Kullu Maulūdin yūladu 'ala al-Fithrah, Beirut: Dārul Kutub al-Ilmiyah, 297 H.

Wiarto, Edi Drajat, dkk, pendidikan Karakter: Kumpulan Pengalaman Inspiratif, Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional Republik Indonesia, 2010.

Zainuddin, dkk, Seluk Beluk Pendiidkan dari al-Ghazali (Jakarta: Bumi Aksara, 1991), 7.

Al-Zubaidi, Al-Husmi, Ittihāfu al-Sādah al-Muttaqīn: Syarah Ihyā’ Ulūm al-Dīn, Jilid 10, Beirut: Dār al-Fikr, 1997.

Zuhairini dan Abdul Ghofur. Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Malang: UM Press, 2004.
Published
2022-12-26