ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA

  • Nisa Cahya Pertiwi Lubis STAIN Mandailing Natal
  • Muhammad Ari Saputra STAIN Mandailing Natal
Keywords: Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Penalaran Matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan penalaran matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah. Subjek penelitian kelas VIII-5 MTs Hifzhil Qur’an Medan yang berjumlah 39 siswa. Instrumen penelitian adalah tes kemampuan penalaran matematis dan pedoman wawancara. Analisis data dilakukan dengan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah dari 39 siswa terdapat 11 siswa yang memiliki kemampuan penalaran matematis kategori tinggi, 12 siswa yang memiliki kategori sedang, dan 16 siswa yang memiliki kategori rendah. Untuk setiap indikator, siswa memiliki rata-rata penilaian indikator mengajukan dugaan yaitu kategori sedang; indikator melakukan manipulasi matematika yaitu kategori sedang; menarik kesimpulan yaitu kategori rendah; dan membuat generalisasi yaitu kategori rendah. Kesulitan siswa dalam menyelesaikan tes kemampuan penalaran matematis siswa a) pada kategori tinggi, siswa mengalami kesulitan pada kriteria fakta dan prinsip; b) pada kategori sedang dan rendah, siswa mengalami kesulitan pada kriteria fakta, prinsip, dan operasi.

References

Arends, R. I. 2008. Learning to Teach, Belajar untuk Mengajar. Edisi Ketujuh Jilid Dua. Terjemahan oleh Soedjipto, Helly, P. dan Soedjipto, Sri, M. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas
Filsaime, D. K. 2008. Menguak Rahasia Berpikir Kritis dan Kreatif. Jakarta: Prestasi Pustakaraya
Fisher, A. 2009. Berpikir Kritis: Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga
Grasindo, Tim. 2017. UUD 1945 & Amandemennya untuk Pelajar dan Umum. Jakarta: Gramedia Widiasarana
Happy, N. & Widjajanti, D. B. 2014. Keefektifan PBL Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis, serta Self-Esteem Siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. Volume 1, Nomor 1
Hasratuddin. 2018. Mengapa Harus Belajar Matematika. Medan: Perc Edira
Indah, A. L. dkk. 2019. Modifikasi Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik dengan Strategi Pembelajaran Tugas dan Paksa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI, Vol. 2
Ismaimuza, D. 2010. Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis Siswa SMP melalui Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Strategi Konflik Kognitif. Jurnal Teknologi. eISSN: 2180-3722, ISSN: 0127-9696
Joyce, dkk. 2011. Models of Teaching, edisi 8. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Mahmuzah, R. 2015. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP melalui Pendekatan Problem Posing. Jurnal Peluang, Vol. 4, No. 4
Mansur, N. 2018. Melatih Literasi Matematika Siswa dengan Soal PISA. Prisma1. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prism/
Moleong, L. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif, Penerbit: PT Remaja Rosdakarya
Nugraha, T. S. & Mahmudi, A. Keefektifan Pembelajaran Berbasis Masalah dan Problem Posing Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Logis dan Kritis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. Online ISSN: 2477-1503
OECD. 2016. PISA 2015 Assessment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. Paris: OECD Publishing
Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers
Sundari. 2016. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika melalui Pendekatan Savi pada Siswa Kelas VB SDIT Al-Izzah Sorong. Jurnal Ilmu Kependidikan, Vol. 5, No. 2
Tresnawati, dkk. 2017. Kemampuan Berpikir kritis Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa SMA. Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education. Volume 2, No. 2
United Nations Development Programme. 2018. Human Development Indeks Ranking. New York City: UNDP
Published
2022-12-20