a Indonesian

(Analisis Surah Al-Isra' Ayat 23)

  • iqna_123 Abdul Rafiq UIN Raden Fattah Palembang

Abstrak

Kebiasaan baru di era abad-21 ini, mengikis kebutuhan masyarakat berinteraksi dengan orang di sekitarnya. Akibatnya, banyak masyarakat yang enggan simpati dan empati terhadap apa yang terjadi di sekitarnya dan banyak pekerjaan yang terbengkalai. Tentu hal ini dipandang biasa oleh masyarakat zaman sekarang, akan tetapi di sinilah mula penanaman karakter anak yang kurang baik. Patologi sosial terhadap orang tua kini semakin menjadi. Seperti yang terjadi di Aceh, anak menganiaya ibunya hingga memar karena tidak di belikan motor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan birr al-walidayn dalam mencegah patologi sosial terhadap orang tua. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan (library research). Penulis akan menganalisa tafsir surah al-Isra’ ayat 23 dan merelevansikan antara konsep pendidikan birr al-walidayn dengan upaya mencegah patologi sosial terhadap orang tua. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep pendidikan birr al-walidayn dalam mencegah patologi sosial terhadap orang tua yang terdapat dalam surah al-Isra’ ayat 23 terbagi menjadi tiga hal. Pertama, Membiasakan berbuat Ihsan kepada orang tua sejak usia dini. Kedua, menanamkan rasa kasih sayang anak kepada orang tua. Ketiga menegur anak jika mengatakan hal-hal yang kurang baik tanpa membentak dan memarahinya.

 

Referensi

Al-‘Adawiyi, Musthafa Bin. Fikih Berbakti Kepada Orang Tua (Bandung: Remaja Rosdakarya. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.
Alam, Lukis, Loso Judijanto, Jepri Utomo, and Farhan Ferian. “Pentingnya Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak.” Jip 2, no. 2 (2024): 334–43.
Alfiyatul Hasanah dkk. “KONTEKSTUALISASI MAKNA BIRRULK WALIDAIN PERSPEKTIF AL-QURAN (Kajian Tafsir Maudhu’i).” Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir : Mengkaji Al-Qur’an Dan Tafsir 1, No. 2 (2020): 115–24.
Al-Hajjaj, Abi al-Hasan Muslim bin. Shohih Muslim. Lebanon: Dar Al-Kutub Al-Ilmiyah, 2011.
Alhogbi, Basma G. “Definisi Pendidikan Penjas.” Journal of Chemical Information and Modeling 53, no. 9 (2017): 21–25.
Al-Jawi, Muhammad Nawawi. Tafsir Al-Munir. Bandung: Bandung: Sinar Bandung Algensindo, 2017.
Annisa, Dwi. “Jurnal Pendidikan Dan Konseling.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling 4, no. 1980 (2022): 1349–58.
Arif, Barda Nawawi. Beberapa Aspek Kebijakan Penegakan Hukum Dan Pengembangan Hukum Pidana. Citra Aditya Bakti, 2005.
At-Thabari, Abu Ja’far Muhammad bin Jarir. Jami’ al-Bayan Fii Ta’wil al-Qur’an. Jilid 15. Beirut: Dar al-fikr, 1412.
Azka Noor. “Konsep Makna Uff Dalam Al-Qur’an Implementasi Teori Semiotika Roland Barthes Terhadap Qs. Al-Isra’ Ayat 23.” Al-Irfani: Studi al-Qur’an Dan Tafsir 2, no. 1 (2021): 14–25. https://doi.org/10.51700/irfani.
Burlian, Paisol. Patologi Sosial. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2016.
Dalimunthe, Sehat Sultoni. “Perspektif Al-Qur’an Tentang Pendidikan Akhlak.” MIQOT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 39, no. 1 (2015): 148–66. https://doi.org/10.30821/miqot.v39i1.45.
FachruddinAr-Razi, Muhammad. Mafatih Al-Ghaib. Juz 20. Beirut: Dar al-Fikr: Dar al-fikr, 1981.
Hariyanto, Muchlas Samani dan. Konsep Dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.
Hidayat, Ahmad Wahyu, Abdullah Idi, and Nyayu Soraya. “Hubungan Akhlak Mahmudah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Vii 1 Smp Muammadiyah 6 Palembang.” Jurnal PAI Raden Fatah 1, no. 1 (1970): 68–81. https://doi.org/10.19109/pairf.v1i1.3015.
Hikmatullah, and Fachmi Teguh. “Keteladanan Orang Tua Dalam Islam.” Geneologi PAI Jurnal Pendidikan Agama Islam 07, no. 2 (2020): 165–87.
Iskandar, Syifa Fauziningtyas, Aep Saeppudin, and Ayi Sobarna. “Implikasi Pendidikan Dari Al-Qur’an Surat Luqman Ayat 14 Tentang Berbuat Baik Kepada Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Syukur.” Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam 1, no. 1 (2021): 63–70. https://doi.org/10.29313/jrpai.v1i1.223.
Kartono, Kartini. Patologi Sosial. Jakarta: Rajawali Press, 1992.
Lopa, Baharuddin. Kejahatan Korupsi Dan Penegakan Hukum. Jakarta: Penerbit Buku Kompas, 2001.
Marlisa, Lina. “Analisis Krisis Moral Anak Terhadap Orang Tua, Guru, Dan Masyarakat Di Era Abad Ke-21.” Analysis: Journal of Education 1, no. 2 (2023): 2023.
Muhammad Quraish Shihab. Tafsir Al-Mishbah: Pesan Kesan, Dan Keserasian Alquran. II. Jakarta: Lentera Hati, 2009.
Munana Alqudsiyah, Kholfan Zubair, Nurul Azizah. “Nilai – Nilai Pendidikan Akhlaq Anak Kepada Orang Tua Dalam al-Qur’an Surat al-Ahqaf Ayat15.” Jurnal PROGRESS: Wahana Kreativitas Dan Intelektualitas NILAI 10, no. 2 (2022): 160–77.
Nufus, Fika Pijaki, Siti Maulida Agustina, Via Laila Lutfiah, and Widya Yulianti. “Konsep Pendidikan Birrul Walidain Dalam Qs. Luqman (31): 14 Dan Qs. Al – Isra (17) : 23-24.” Jurnal Ilmiah Didaktika 18, no. 1 (2018): 16. https://doi.org/10.22373/jid.v18i1.3082.
Nur, Haerani. “Membangun Karakter Anak Melalui Permainan Anak Tradisional.” Jurnal Pendidikan Karakter 4, no. 1 (2013): 87–94. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.1290.
Pendidikan, Departemen. , Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2002.
Pingky, Lisa, Fuji Punjung Sari, Salsabilla Putri, and Yecha Febrieanitha Putri. “PARENTING ISLAMI DAN KEDUDUKAN ANAK DALAM ISLAM Lisa Pingky * a , Fuji Punjung Sari b Salsabilla Putri c Susana d Anak-Anaknya Dimana Mereka Melakukan Serangkaian Usaha Aktif , Karena Kalinya Dan Seterusnya Anak Belajar Didalam Kehidupan Keluarga . Atas p,” 2022, 351–63.
Redaksi, Tim. “Kisah Trimah Ibu Yang Dititipkan Ke Panti Jompo Oleh Anaknya,” n.d.
Rikza, Abdullah, and Saiful Islam. “Pendidikan Karakter Dalam Tafsir Almisbah Surat Alisra’ Ayat 23- 24 Dan Surat Luqman Ayat 12-19.” Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 1 (2019): 11.
Rohman, Arif. “Upaya Menekan Angka Kriminalitas Dalam Meretas Kejahatan Yang Terjadi Pada Masyarakat.” Perspektif 21, no. 2 (2016): 125. https://doi.org/10.30742/perspektif.v21i2.187.
Rosa, Maya Citra. Tak Di Belikan Motor Anak Tega Aniaya Ibunya Aceh Tegah Hingga Babak Belur (n.d.).
Ruth, Debra, and Diah Ayu Candraningrum. “Pengaruh Motif Penggunaan Media Baru Tiktok Terhadap Personal Branding Generasi Milenial Di Instagram.” Koneksi 4, no. 2 (2020): 207. https://doi.org/10.24912/kn.v4i2.8093.
Sari, Dianti Yunia. “Pola Asuh Orang Tua Dalam Membentuk Disiplin Anak Di Masa Pandemi.” PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4, no. 2 (2021): 78–92. https://doi.org/10.31851/pernik.v4i2.5424.
Shadily, Hassan. Sosiologi Untuk Masyarakat Indonesia. Jakarta: PT Bina Aksara, 1984.
Shihab, M. Quraish. Ensiklopedia Al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati, 2013.
Siswanto, Budi. “Tadrib, Vol. V, No. 1, Juni 2019 Peran Masjid Dalam Membentuk .... 21” V, no. 1 (2019): 21–33.
Suryani, Dewita, Desni Yuniarni, and Dian Miranda. “PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN Maupun Saat Bermain Dirumah , Merespon Secara Wajar Dan Menggunakan Cara Yang Diterima Secara Sosial Dalam Menyelesaikan Masalah . Untuk Itu , Orang Tua Perlu Mengembangkan Sosial Emosional Anaknya . Usia,” no. 2004 (2020): 1–8.
Wathoni, Lalu Muhammad Nurul. “Pendidikan Dalam Al-Qur’an: Kajian Konsep Tarbiyah Dalam Makna Al-Tanmiyah Pada Qs Al-Isra: 23-24.” Jurnal Pigur 1, no. 1 (2021): 94–110.
Yani, Ahmad. Be Excellent Menjadi Pribadi Terpuji. Jakarta: Al-Qalam, 2007.
YUNI NUR DINASYARI F. “MAKNA BERBAKTI PADA ORANG TUA DALAM PERSPEKTIF REMAJA MUSLIM JAWA NASKAH.” Journal of Petrology 369, no. 1 (2013): 1689–99.
Diterbitkan
2024-06-17
Bagian
Articles