KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER PERSPEKTIF PSIKOLOGI PENDIDIKAN ISLAM DALAM KAJIAN HADIS

  • Nelmi Hayati STAIN Mandailing Natal
  • Fuji Pratami STAIN Mandailing Natal
Keywords: Character Education, Psychology, Islamic Education, Hadith, Pendidikan Karakter, Psikologi, Pendidikan Islam, Hadis

Abstract

Moral degradation in children, especially students, has begun to appear in the recent era. This requires us to re-examine the concept of character education which intersects with the psychology of Islamic education which incidentally will be based on the Qur'an and Hadith. However, this study is more focused on exposing hadiths that support the concept of character education rather than exposing normative verses from the Koran. This research is in the nature of a literature review with the aim of describing the hadiths that support the theory of human beings and character education. The result is of course found a number of hadiths that provide the concept of character education that is in line with the views of Islamic educational psychology. The formation of character begins when humans are born and develops according to the stages of life.

 

Degradasi moral pada anak khususnya peserta didik mulai tampak terjadi pada era belakangan ini. Hal demikian menuntut kita untuk kembali menelaah konsep pendidikan karakter yang bersinggungan dengan psikologi pendidikan Islam yang notabene akan berlandaskan al-Qur’an dan Hadis. Akan tetapi, kajian ini lebih terfokus pada pemaparan hadis-hadis yang mendukung konsepn pendidikan karakter daripada pemaparan ayat normatif dari al-Qur’an. Penelitian ini bersifat kajian pustaka dengan tujuan mendeskripsikan hadis-hadis pendukung teori perihal manusia dan pendidikan karakter. Hasilnya tentu ditemukan sejumlah hadis yang memberikan konsep pendidikan karakter yang selaras dengan pandangan psikologi pendidikan Islam. Pembentukan karakter dimulai sejak manusia dilahirkan dan berkembang sesuai tahapan usia menjalani kehidupan.

                                                                        

Author Biography

Fuji Pratami, STAIN Mandailing Natal

Salam

References

Amin, Fathul. “PEMBENTUKAN KARAKTER MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Oleh: Fathul Amin*.” Tadris: Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Pendidikan Islam 12, no. 2 (2018): 1–12.
Arief, M. Miftah, Dina Hermina, and Nuril Huda. “Teori Habit Perspektif Psikologi Dan Pendidikan Islam.” RIWAYAT 7, no. 1 (2022): 62–74. https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results.
al-Bukhari, Muhammad ibn Isma’il, al-Jami’ as-Shahih al-Mukhtashar (Beirut: Dar Ibn Katsir, 1987) 6 juz.
Fattah, Abdul. “Konsep Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Hadits.” Jurnal Tarbawi 1, no. 2 (n.d.): 113–22. digilib.uinsby.ac.id.
Fitri, Anggi. “Pendidikan Karakter Prespektif Al-Quran Hadits.” TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam 1, no. 2 (2018): 258–87. https://doi.org/10.52166/talim.v1i2.952.
Haris, Abdul. “Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam.” AL-MUNAWWARAH: Jurnal Pendidikan Islam 9, no. 1 (2017): 64–82.
Muali, Chusnul, and Putri Naily Rohmatika. “Kajian Refleksi Teori Pengembangan Karakter Anak Melalui Pembelajaran Agama Perspektif Albert Bandura.” Jurnal Auladuna 9, no. 1 (2019): 1031–52. https://doi.org/10.2345/jm.v2i1.740.
Muslim ibn Hajjaj, Abu al-Husain, al-Jami’ ash-Shahih al-Musamma Shahih Muslim (Beirut: Dar al-Jail), 8 juz.
Nana Sutarna. “Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar Dalam Perspektif Islam.” Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN, 2011, 1–4. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snip/article/download/8948/6509.
Ngatiman, Ngatiman, and Rustam Ibrahim. “Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Pendidikan Islam.” Manarul Qur’an: Jurnal Ilmiah Studi Islam 18, no. 2 (2018): 213–28. https://doi.org/10.32699/mq.v18i2.949.
Rahmi, Novita. “Manusia Dalam Prespektif Psikologi Pendidikan Islam.” Dewantara; Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan 2 (2016): 206–14.
Rasyid, Ramli, Marjuni Marjuni, Andi Achruh, Muhammad Rusydi Rasyid, and Wahyuddin Wahyuddin. “Implikasi Lingkungan Pendidikan Terhadap Perkembangan Anak Perspektif Pendidikan Islam.” AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam 7, no. 2 (2020): 111. https://doi.org/10.24252/auladuna.v7i2a1.2020.
Saepudin, Aep. “Konsep Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Psikologi Dan Islam.” Syntax Literature: Jurnal Ilmiah Indonesia 3, no. 1 (2018): 11–20. http://forschungsunion.de/pdf/industrie_4_0_umsetzungsempfehlungen.pdf%0Ahttps://www.dfki.de/fileadmin/user_upload/import/9744_171012-KI-Gipfelpapier-online.pdf%0Ahttps://www.bitkom.org/ sites/default/files/ pdf/Presse/Anhaenge-an-PIs/ 2018/180607 -Bitkom.
as-Sijistani, Abu Daud Sulaiman ibn al-Asy’ats, Sunan Abi Daud (Beirut: Dar al-Kutub al-‘Arabi, tth), 4 juz.
Published
2023-01-03
How to Cite
Hayati, N., & Pratami, F. (2023). KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER PERSPEKTIF PSIKOLOGI PENDIDIKAN ISLAM DALAM KAJIAN HADIS. Al-Mu’tabar, 3(1), 35-48. https://doi.org/10.56874/jurnal ilmu hadis.v3i1.1102
Section
Articles