Model Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Internet

  • Ihdatul Hidayah UIN Sunan Kalijaga
  • Novi Kusumaningrum UIN Sunan Kalijaga
Keywords: Models, Arabic Learning, Moodle, Edmodo, Google Classroom, pembelajaran bahasa arab

Abstract

Abstract: This study aims to explain how internet-based Arabic learning models can be used in the learning process and how to use it. This study uses a qualitative descriptive research method that is used to investigate, find, describe and explain a phenomenon. The results showed that there are several Arabic learning models that can be used in the world of education, namely, e-learning learning models with Moodle, Edmodo and Google Classroom. The results show that the features provided by Moodle are more complete than Edmodo and Google Classroom. However, the management and creation of Moodle requires administrators who are experts in their fields.

Keywords: Models, Arabic Learning, Moodle, Edmodo, Google Classroom

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana model-model pembelajaran bahasa arab berbasis internet yang bisa digunakan dalam proses pembelajaran serta cara menggunakannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang digunakan untuk menyelidiki, menemukan, mendeskripsikan dan menjelaskan suatu fenomena. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa model pembelajaran bahasa Arab yang bisa digunakan dalam dunia pendidikan, yaitu, model pembelajaran e-learning dengan Moodle, Edmodo dan Google Classroom. Dengan hasil menunjukkan bahwa fitur yang disediakan Moodle lebih lengkap dibandingkan Edmodo dan Google Classroom. Akan tetapi management dan pembuatan Moodle membutuhkan administrator yang ahli dibidangnya.

Kata Kunci: Model, Pembelajaran Bahasa Arab, Moodle, Edmodo, Google Classroom

 

Published
2021-03-12
How to Cite
Ihdatul Hidayah, & Novi Kusumaningrum. (2021). Model Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Internet. El-Jaudah : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 2(1), 65-90. Retrieved from https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/ej/article/view/355
Section
Articles