MODEL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS INTERNET

THE MODEL OF ARABIC LEARNING BASED ON INTERNET

  • Ihdatul Hidayah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Novi Kusumaningrum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Keywords: Models, Arabic Learning, Moodle, Edmodo, Google Classroom, pembelajaran bahasa arab

Abstract

Abstract: This study aims to explain how internet-based Arabic learning models can be used in the learning process and how to use it. This study uses a qualitative descriptive research method that is used to investigate, find, describe and explain a phenomenon. The results showed that there are several Arabic learning models that can be used in the world of education, namely, e-learning learning models with Moodle, Edmodo and Google Classroom. The results show that the features provided by Moodle are more complete than Edmodo and Google Classroom. However, the management and creation of Moodle requires administrators who are experts in their fields.

Keywords: Models, Arabic Learning, Moodle, Edmodo, Google Classroom

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana model-model pembelajaran bahasa arab berbasis internet yang bisa digunakan dalam proses pembelajaran serta cara menggunakannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang digunakan untuk menyelidiki, menemukan, mendeskripsikan dan menjelaskan suatu fenomena. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa model pembelajaran bahasa Arab yang bisa digunakan dalam dunia pendidikan, yaitu, model pembelajaran e-learning dengan Moodle, Edmodo dan Google Classroom. Dengan hasil menunjukkan bahwa fitur yang disediakan Moodle lebih lengkap dibandingkan Edmodo dan Google Classroom. Akan tetapi management dan pembuatan Moodle membutuhkan administrator yang ahli dibidangnya.

Kata Kunci: Model, Pembelajaran Bahasa Arab, Moodle, Edmodo, Google Classroom

 

References

Martawijaya, Agus. “Model Pembelajaran Berbasis Kearifan Local”. Cv. Masagena. 2016

Zani, Ahmad. ”Efektifitas penerapan e-learning model edmodo dalam pembelajaran pendidikan agama islam terhadap hasil belajar siswa” 7.1. (2014)

Anggito, Albani dan Setiawan, Johan. “Metodologi Penelitian Kualitatif”. Sukabumi:Jejak Publisher. 2018.

Darmawan, Deni. “Tekhnologi Pembelajaran”,Bandung : PT Remaja Rosdakarya. 2013

Ratnawati, M. dan Utama, B. dkk.“Pemanfaatan E-Learning Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia” dalam Birok Bastra : jurnal pendidikan bahasa dan sastra, UNDHISKA. 9.1. (2019)

Abi, S. dan Abidin, Z.dkk. “Persepsi Mahasiswa terhadap pelaksanaan e-learning dalam mata kuliah manajemen system informasi mahasiswa jurusan tekhnologi pendidikan”. Dalam Birok Bastra : Jurnal Kajian Tekhnologi Pendidikan, Universitas Negri Malang, 2.3. (2019)

Eveline, dkk. “Teori Belajar Dan Pembelajaran” Bogor: Ghalia Indonesia. 2010

Ismail, Suardi. “Model Pembelajaran Bahasa Arab” Deepublish: Yogyakarta. 2014

Rusman. “Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua” Depok: Rajagrafindo Persada. 2013

Darmawan, D. dan Wahyudin, D. ” Model Pembelajaran Di Sekolah” Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2018

Sari, Mulya. “Blended Learing Model Pembelajaran Abad Ke-21 Di Perguruan Tinggi” dalam Birok Bastra: Ta’dib, IAIN Imam Bonjol Padang. 17.2. (2014)

Mariana. “Internet Sebagai Media Pembelajaran Yang efektif” dalam Birok Bastra: Majalah Ilmiah Informatika, Universitas AKI. 1.1. (2010)

Said, Muhammad. “Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Web” dalam Birok Bastra: Jurnal Al-Ashlah, STAI Syekh Maulana Qori Bangko. 3. 2. (2019)

Ritonga, Dkk. “Pengembangan Model Pembelajaran Bahasa Arab Bebasis Tekhnologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Revormasi Industry 4.0” Yogyakarta: Deepublish. 2020

Ariyanto, Rian Rifqi, and Miftahul Huda, ‘MODEL-MODEL PENGAJARAN DAN PEMBELAJARAN : ISU-ISU METODIS DAN PARADIGMATIS.’, Yugyakarta: Pustaka Pelajar, 2013

Islam, Perguruan Tinggi, ‘MODEL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS’, 77

Mahyudin, Erta, ‘Model Pembelajaran Diskoveri Sebagai Strategi Pembelajaran Bahasa Arab’, ARABIYAT: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 1.2 (2014) <https://doi.org/10.15408/a.v1i2.1139>

Rozak, Abd., and Azkia Muharom Albantani, ‘Desain Perkuliahan Bahasa Arab Melalui Google Classroom’, Arabiyat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 5.1 (2018), 83–102 <https://doi.org/10.15408/a.v5i1.7481>

Suyanto, Asep Herman, ‘MENGENAL E-LEARNING’, 2005

Taubah, Miftachul, ‘Maharah Dan Kafa’ah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab’, Studi Arab, 10.1 (2019), 31–38 <https://doi.org/10.35891/sa.v10i1.1765>

Taufiqurrochman, R., and Moch. Sony Fauzi, Pemanfaatan Program Edmodo Di Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (Sebuah Model Pembelajaran Berbasis Website), 2012 <https://doi.org/10.13140/RG.2.2.26912.69128>

Https://Www.Cnnindonesia.Com/Nasional/20200301031424-20-479417/Era-Digital-Jokowi-Ingin-Lembaga-Pendidikan-Ubah-Kurikulum Diakses Pada Tanggal 26 Maret 2020.

Http://Www.Neraca.Co.Id/Article/94700/Pendidikan-Dan-Digitalisasi-Di-Era-Milenial

https://support.google.com/edu/classroom/answer/6072460?co=GENIE.Platform%3DDesktop&hl=id.

https://www.beuget.com/technology/cara-membuat-akun-kelas-online-di-edmodo-untuk-guru-dosen-trainer-bahasa-inggris/.

https://www.nesabamedia.com/pengertian-manfaat-dan-fitur-edmodo/

https://docplayer.info/39730577-Penggunaan-aplikasi-e-learning-moodle.html.

Https://Docplayer.Info/39730577-Penggunaan-Aplikasi-E-Learning-Moodle.Html. Diakses pada 26 Maret 2020.

https://institute.pinteraktif.com/2019/10/18/kelebihan-dan-kekurangan-moodle-sebagai-lms/

Published
2021-03-12
How to Cite
Ihdatul Hidayah, & Novi Kusumaningrum. (2021). MODEL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS INTERNET: THE MODEL OF ARABIC LEARNING BASED ON INTERNET. El-Jaudah : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 2(1), 65-90. https://doi.org/10.56874/faf.v2i1.355