????? ????? ?????? ????? ??? ????? ??? ???????? ??????? ??? ??????? ?????? ??????
THE EFFECT OF LETTER CONNECTED MEDIA TO IMPROVE OF MUFRADAT MEMORIZE AT INTERNATIONAL SEMINAR PARTICIPANT
DOI:
https://doi.org/10.56874/ej.v3i2.939Keywords:
الوسائل التعليمية ، اتّصال الحرف ، حفظ المفردات العربية.Abstract
Abstract:Artikel ini menjelaskan tentang pentingnya menggunakan media dalam kegiatan belajar mengajar khususnya media untuk hafalan mufrodat bahasa arab. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui tentang penggunaan media pembalajaran dan pengaruh penggunaan media sambung huruf terhadap peningkatan hafalan mufrodat bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua tholibat kursusan Al-‘Alam pondok pesantren Darussalam Blokagung dengan jumlah 31 santri. Seluruh santri terpilih karena apabila subjeknya kurang dari 100, lebih baik diambil semua sehingga penelitiannya merupakan penelitian populasi. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh besarnya koefisien korelasi (r) adalah 53,259 lebih besar dari 4,18 dengan taraf signifikan 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ha diterima, yaitu terdapat “pengaruh media sambung huruf terhadap peningkatan hafalan mufrodat bahasa arab peserta kursusan”. Hasil penelitian ini menginformasikan terdapat pengaruh yang signifikan antara media pembelajaran terhadap hafalan mufrodat bahasa arab santri.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Sambung Huruf, Hafalan Mufrodat Bahasa Arab.
?????? ?????: ??? ?????? ???? ?? ??????? ??????? ?????? ??????? ?? ????? ??????? ??????? ? ????? ????? ??????? ????? ??????? ????? ???????. ???? ??? ??????? ??? ?????? ??? ??????? ????? ?????? ???? ??????? ????? ??????? ??????? ?? ????? ??? ????????? ???????. ??? ????? ?? ??? ???? ???. ??? ??????? ?? ??? ??????? ?????? ??????? ?? ???? ?????? ????? ??? ?????? ????????? ???????? 31 ??????. ?? ?????? ???? ?????? ???? ??? ??? ??????? ??? ?? 100 ? ??? ?????? ??? ?? ??? ???? ???? ????? ????? ??????. ????? ??? ?????? ??????? ? ??? ????? ???????? (r) ?? 53259 ? ??? ???? ?? 4?16 ?????? ????? ???? 5?. ???????? ???? ??????? ?? Ha ????? ?????? R Square ? ????? ????? ???? R ?? ????? ??????? (KD) ?? 0.640 ? ??? ???? ?? ??????? ??????? X ?? ????? ?????? ????? 64.0? ??? ??????? Y ? 37? ????? ?????? ???? ???? ??????? X.???? ????? ??? ??????? ??? ???? ????? ???? ??? ????? ?????? ??? ??? ????????? ??????? ??? ??????.
References
Janna, Nilda Miftahul, and Herianto, ‘Artikel Statistik Yang Benar’, Jurnal Darul Dakwah Wal-Irsyad (DDI), 18210047, 2021, 1–12
محمد, سراج،, ‘م لافلأ ا ما دختسبا تادرفلما ميلعت في ةّيميلعتلا لئاسو يرثتأ’, التدريس, 2.ديسمبير (2016), 61–75
Arikunto, Suharsimi.1998.Metode Kuantitatif.Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi.2006.Metode Penelitian.Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto Suharsimi, 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Janna, Nilda Miftahul, and Herianto. 2021. “Artikel Statistik Yang Benar.” Jurnal Darul Dakwah Wal-Irsyad (DDI) (18210047)
Hijriyah,Umi .2018. Analisis pembelajaran mufrodat bahsa arab bahasa arab dan struktur bahasa arab di Madrasah Ibtidaiyah.Surabayat. CV: GEMILANG.
Ramli Muhammad.2012.Media Dan Teknologi Pemeblajaran. Kalimantan selatan. IAIN Antasari Press.)
Supardi. “Pengaruh Media Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika” Universitas Indraprasta PGRI.jurnal formatif. Hal 75
Yaumi Muhammad, “Media Pembelajaran”. Makalah Disajikan Pada Seminar Nasional.