MEMBANGUN MOTIVASI BELAJAR ANAK MELALUI PERAN KKN DI DESA LANTOSAN II
Abstract
Pendidikan adalah usaha dasar rencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak, ilmu hidup, pengetahuan umum serta keterampilan yang diperlukan dirinya umtuk masyarakat berlandaskan undang-undang. Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan satu mata kuliah yang dilaksanakan pada saat semester VI. Tujuan pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata ini adalah agar mashasiswa dapat menerapkan hasil yang di dapat selama belajar di kampus untuk diterapkan dimasa yang akan datang yaitu di dunia kerja. Dalam melakukan Kuliah Kerja Nyata ini tentunya ada nilai positif dan negatifnya, maka dengan kesempatan ini para pengabdi berkesempatan untuk menuliskan agenda selama lebih kurang dua bulan selama Kuliah Kerja Nyata di desa Lantosan II dimana yang menjadi perhatian bagi para pengabdi adalah masyarakat lebih mengutamakan adat daripada agama. Dan dibidang pendidikan, para peserta didik lebih minat belajar tentang budaya dan seni daripada pendidikan lainnya. Kurangnya minat belajar anak-anak di bidang agama dan sastra, menjadi salah satu kelemahan mereka karna masih banyak yang kesulitn dalam membaca, sulit mengaji dan juga menghafal surah. Dengan keadaan yang dapat dilihat, para pengabdi berpartisipasi ikut serta membantu masyarakat dalam mengajari anak-anak di desa Lantosan II untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan memotivasi belajar melalui kegiatan bimbingan belajar. Dalam hal ini semua anak yang mengikuti kegiatan bimbingan belajar dapat terbantu dalam proses pembelajaran dan terbangun motivasi yang dapat dilihat dari antusias dan keinginan anak-anak dalam mengikuti kegiatan bimbingan belajar. Kuliah Kerja Nyata yang dilakukan dengan segala agenda atau program kerja sudah diterapkan, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para pengabdi dan sangat membantu bagi masyarakat di desa Lantosan II. Salah satunya minat belajar yang bertambah, sehingga bertambah pendidikan bagi adik-adik pelajar, baik pendidikan moral, religi dan sosial. Program bimbingan belajar ini juga sangat bermanfaat bagi siswa yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal latihan yang diberikan pada saat kegiatan pembelajaran di sekolah. Material and Metode. Untuk mencapai tujuan yang diharapkan, program KKN di desa Lantosan II, dilakukan dengan pemberdayaan masyarakat melalui pendidikan mengenai bimbingan belajar serta praktek langsung. Metode yang dilakukan KKN STAIN MADINA selain pemberdayaan masyarakat yaitu memadukan penelitian dan pengabdian. Tahap awal yang dilakukan dalam kegiata KKN ini dengan merancang dan menentukan program kerja (PROKER) selama 50 hari. Hasil. Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu tugas Perguruan Tinggi disamping pendidikan dan penelitian. Kesimpulan. Berdasarkan kuliah kerja nyata (KKN) yang sudah kami lakukan maka dapat kita simpulkan bahwa segala agenda-agenda/ program kerja yang sudah kami lakukan sangat bermanfaat bagi kami pribadinya dan juga sangat membantu bagi masyarakat di desa lantosan II.
References
Bhakti Caraka Putra dan mahasiswa KKN, 2018. Pemberdayaan Masyarakat Miliran, Muja muju, Umbulharjo, Yogyakarta Program Pengembangan Bimbingan Belajar Masyarakat,Yogyakarta: Artikel KKN Universitas Ahmad Dahlan.
Irsan, Muhammad Barus Dan Nur Afni. 2021. Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak (Studi Kasus Pada Pedagang Kaki Lima Pasar Lama Panyabungan), Jurnal Pendidikan Dasar Islam. Jilid 1. No. 1.
Rahman Taufik, DKK. 2021. Pendampingan Pemanfaatan Teknologi Digital Untuk Meningkatkan Pemasaran Toko Roti di Pabian Sumenep, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol.5, No. 3.
Suryani, Irma Siregar. 2023. Manajemen Komunikasi Dalam Pembelajaran (Studi Kasus Pola Komunikasi Guru Dan Siswa Di TK Asy-Syarifah), Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 3. No. 1.
Copyright (c) 2023 Journal of Community Dedication and Development (Pengabdian Kepada Masyarakat)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.