Upaya Meningkatkan Pemahaman Masyarakat Terhadap Pendidikan Karakter Berbasis Islam Di Desa Siunggam Jae

  • Siti Aulia Aisyah Aisyah STAIN Mandailing Natal
  • Ihsan Marzuki STAIN Mandailing Natal
  • Nadia Syahida STAIN Mandailing Natal
  • Putri Romadonia Sebayang STAIN Mandailing Natal
  • Muhammad Apduh STAIN Mandailing Natal
  • Lili Marliani STAIN Mandailing Natal
  • Muhammad Husein STAIN Mandailing Natal
  • Rispi Yuharni STAIN Mandailing Natal
Keywords: pendidikan, pembentukan karakter, berbasis agama islam, siunggam jae

Abstract

Kuliah kerja nyata (KKN) merupakan salah satu kegitan harus di laksanakan oleh semua mahasiswa stain mandaailing natal untuk menerapkan pengetahuan yang telah di peroleh selama duduk di bangku perkuliahan serta sebagai wujud nyatan pengabdian pada masyarakat.dalam hal itu mahasiswa STAIN mandailing natal mengikuti kuliah kerja nyata yang di laksanakan di desa siunggam jae, yang di mulai pada tanggal 04 juli 2023 dengan tema kkn moderat untuk tujuan memberikan pengetahuan mengenai pemahaman pendidikan  terhadap masyarakat, dan memberikan kekompakan dalam masyarakat serta memberi layanan semampu terhadap masyarakat siunggam jae, memberikan solusi dan saran terhadap permasalahan baik mengenai pendidikan, keagaman,  kesehatan, ekonomi, dan olahraga. Dan dalam mengatasi permasalahan yang ada di desa siunggam jae tersebut kkn stain madina berupaya membantu baik dalam bidang pendidikan dengan membantu pengajar yang ada di tk dan sd siunggam jae, serta membuka les privat untuk peserta didik agar masalah pendidikan sedikit terbantu, dan dalam bidang keagamaan mengajak masyarakat mengadakan pengajian agar bisa memberikan pemahaman terhadap pendidikan karakter berbasis agama islam, sedangkan dalam bidang olahraga menghidupkan olahraga bidang volley ball agar terhindarnya remaja dari pergaulan bebas dan narkoba, dalam hal ini kkn stain madina menghidupkan kembali lapangan volley ball siunggam jae dan sekaligus mengadakan turnamen. Kegiatan ini dilakukan agar dapat meningkatkan pehamanan masyarakat terhadap pendidikan karakter berbasis agama islam. Sehingga terbentuknya karakter berbasis islam di desa siunggam jae.

Material and Metode. Untuk mencapai tujuan yang diharapkan, program KKN di desa siunggam jae, dilakukan dengan pemberdayaan masyarakat melalui pendidikan mengenai bimbingan belajar serta praktek langsung. Metode yang dilakukan KKN STAIN MADINA selain pemberdayaan masyarakat yaitu memadukan penelitian dan pengabdian. Tahap awal yang dilakukan dalam kegiatan KKN ini dengan merancang dan menentukan program kerja (PROKER) selama 50 hari.

Hasil. Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu tugas Perguruan Tinggi disamping pendidikan dan penelitian.

Kesimpulan. Berdasarkan kuliah kerja nyata (KKN) yang sudah kami lakukan maka dapat kita simpulkan bahwa segala agenda-agenda/ program kerja yang sudah kami lakukan sangat bermanfaat bagi kami pribadinya dan juga sangat membantu bagi masyarakat di desa Siunggam Jae. 

References

Ainiyah Nur, Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam, Jurnal Al-Ulum, Volume. 13 Nomor 1, Juni 2013.

Deana Dimas Alfianysah, Riski Dzuliliza Lathifani Nurul, Erianto, Kontribusi dan Upaya Mahasiswa Menyelesaikan permasalahan pendidikan dan Kemasyarakatan di Kampung Cikone pada Suasana Pandemi, Proceedings UIN Sunan Gudung Djati Bandung Vol: I, Nomor: LII, Desember 2021.

Hayati Fitroh, Pendidikan Karakter Berbasis Islam, Jurnal Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 7 No. 1 (2018).

Ilmi Miftahul, Selle Amzah, Munawir, Implementasi Ipendidikan Ikarakter Iberbasis Ipendidikan Agama Di Sekolah, Al-Ishlah Jurnal Pendidikan Islam, Volume : 19 Nomor : 2 Tahun : 2021.

Johansyah, Pendidikan Karakter Dalam Islam; Kajian Dari Aspek Metodologis, Jurnal Ilmiah Islam Futura, Volume Xi, No. 1, Agustus 2011.

Jumangin, Pendidikan Karakter Berbasis Agama Islam Denganmetode Keteladanan Dan Metode Pembiasaan Di Mts Negeri 1 Lampung Timur, 2017, Program Pascasarjana (Pps) Institut Agama Islam Negeri (Iain) Metro.

Makmun Syukron, Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Agama Di Madrasah Sebagai Bentuk Penanaman Karakter Pemimpin Yang Ideal, Jurnal Tarbawiyah, Vol. 13, No.2, Edisi Juli - Desember 2016.

Mardawani, Lusiana, Peran Mahasiswa Dalam Upaya Membentuk Generasi Muda Berkarakter Melalui Pendekatan Humanis Berbasis Kearifan Lokal Suku Dayak Di Desa Telaga Ii, Jurnal Pekan Vol. 3 No. 1 Edisi April 2018.

Muhsinin, Model Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Islam Untuk Membentuk Karakter Siswa Yang Toleran, Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam , Vol. 8, No. 2, Agustus 2013.
Published
2023-06-21
How to Cite
Aisyah, S. A. A., Ihsan Marzuki, Nadia Syahida, Putri Romadonia Sebayang, Muhammad Apduh, Lili Marliani, Muhammad Husein, & Rispi Yuharni. (2023). Upaya Meningkatkan Pemahaman Masyarakat Terhadap Pendidikan Karakter Berbasis Islam Di Desa Siunggam Jae . Journal of Community Dedication and Development (Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(1), 53-63. Retrieved from https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/jcdd/article/view/1476