Pelatihan Membaca dengan Metode Iqra’ dikalangan Masyarakat Pagaran Batu Dalam Mengentaskan Buta Huruf Hijaiyah

  • marlina chandra stain mandailing natal
Keywords: Pelatihan Membaca, Metode Iqra’, Mengentaskan Buta Huruf Hijaiyah, Desa Pagaran batu

Abstract

Pengabdian kepada Masyarakat yang dilakukan di Desa Pagaran Batu ini melibatkan 17 Orang anak yang dikategorikan menjadi tiga bagian yaitu anak yang belum bisa membaca dengan tajwid, anak yang belum bisa menyambung huruf menjadi sebuah kata dan memang sama sekali tidak mengenal Aksara Hijaiyah. Berdasarkan keinginan untuk menuntaskan buta Aksaar di desa pagaran batau maka kegiatan ini dilakukan. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengentasakan buta huruf Hijaiyah di desa Paragaran batau dengan metode Iqra’. Metode Participatory Action Reserch  kegiatan ini berjalan dengan lancer. Hasil dari kegiatan ini adalah adanya motivasi dari internal diri masing-masing akan membuat Tingkat keberhasilan sebuah kegiatan akan lebih tinggi, dukungan dari pihak luar juga memiliki peran dan fungsi penting dalam kesuksesan program ini

References

Muhammad Rizki Nst, dkk. 2022. Penerapan Metode Iqra’ dalam pemberantasan Buta Huruf Alquran Pada Kegiatan KKN di Desa Sei Mencirim. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Universita Mhuhammadiya Tapanuli Selatan, Vol 5 No 8, Tahun . http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/martabe/article/view/8106
Muniarty, P. Dkk. 2021. Pendampingan Baca Tulis AlQuran bagi Anak-Anak di Lokasi KKN Kelurahan Dodu Kota Bima. Keagamaan : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2). https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimas_agama/article/view/1906
Ismaulina. (2020). Program Pelatihan dan Pendampingan Pemberantasan Buta Huruf Al-Quran dengan Metode Iqra (Studi Kasus Gampong Bale Purnama Kecamatan Permata. Rambideun : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 6–10.
Prima, A., & Murniyetti, M. (2022). Implementasi Metode Iqra dalam Pemberantasan Buta Baca Alquran Pada Siswa. An-Nuha : Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 255–262. https://doi.org/10.24036/annuha.v2i2.180
Aliwar. (2016). PENGUATAN MODEL PEMBELAJARAN BACA TULIS QURAN DAN MANAJEMEN PENGELOLAAN ORGANISASI (TPA). Jurnal Al-Ta’dib, 9(1), 21–37.
Ali, M. M. (2015). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi Anak Usia Dini Mahdi. Jurnal Edukasi, 1(2), 190–215. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/cobaBK/article/view/605
Chandra, R. (2022). Literasi Al- Qur’an Melalui Kegiatan NGAOS (Ngaji On The School) Untuk Meningkatkan Keterampilan Baca Tulis Al- Qur’an pada Siswa SD N 1 Panca Marga. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(2), 229–238.
Basri. (2018). Problematika Pendidikan TK Al-Qur’an dalam Menyiapkan Generasi Qur’ani di Kota Balikpapan. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 3(1), 11–17. https://doi.org/10.35316/jpii.v3i1.82
Islam, D.I., Komalasari, D., Fitriyani, Nurul. 2018. Pengelompokan Kemiskinan Kabupaten/Kota di Nusa Tenggara Barat Menggunakan Algoritma Self Organizing Maps (SOMs) KOHONEN. http://eprints.unram.ac.id/8420/
Published
2023-12-26
How to Cite
chandra, marlina. (2023). Pelatihan Membaca dengan Metode Iqra’ dikalangan Masyarakat Pagaran Batu Dalam Mengentaskan Buta Huruf Hijaiyah. Journal of Community Dedication and Development (Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(2), 55-66. Retrieved from https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/jcdd/article/view/1612