PERAN MAHASISWA KKN STAIN MADINA 2023 DALAM UPAYA PENINGKATAN LAYANAN PENDIDIKAN ANAK MELALUI PROGRAM BIMBINGAN BELAJAR DI DESA PAGARAN SINGKAM

  • Amanda Sari Nasution STAIN MADINA
Keywords: Pengabdian, Masyarakat,Pendidikan, Bimbingan Belajar, Pagaran Singkam

Abstract

Kegiatan Kuliah Kerja nyata (KKN) adalah salah bentuk dari pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa dengan bimbingan dosen, pengabdian ini bertujuan untuk menjalin senergi antara Perguruan tinggi dengan masyarakat khusunya kepada mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu yang dipelajari nya selama dibangku kuliah.Masyarakat adalah tempat untuk mengaplikasikan ilmu mahasiswa dikarenakan sebelum Perguruan tinggi melepasnya kembali kemasyarakat harus mempersiapkan diri sebaik mungkin, dengan pengabdian masyarakat ini dalam bentuk kuliah kerja nyata (KKN)  diharapkan mahasiswa dapat menimba ilmu sebanyak-banyaknya yang di dapat di masyarakat dan membantu masalah yang ada di masyarakat itu khusus nya dibidang pendidikan. Sama halnya dengan kuliah kerja nyata kelompok 40 dari STAIN MADINA yang ditempatkan untuk mengabdi di desa pagaran singkam kecamatan padang bolak kabupaten PADANG LAWAS UTARA pendidikan menjadi tujuan utama dari kelompok ini, dikarenakan pendidikan adalah bagian penting dari kehidupan. Metode  yang  berbasis  PAR.  PAR ialah singkatan participatory Action Research. Pada dasarnya PAR  adalah  penelitian  yang  melibatkan  semua  pihak  yang relevan dalam meneliti secara aktif bersama-sama tindakan saat ini (yang mereka  alami  sebagai  bermasalah)  dalam rangka   untuk   mengubah   dan   memperbaikinya Dalam pengabdian  ini,  pendekatan partisipatif digunakan  untuk melibatkan komunitas setempat dalam proses penyuluhan. Pengabdian kepada masayarakat merupakan salah satu tugas Perguruan tinngi disamping pendididkan dan penelitian Berdasarkan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang sudah kami lakukan maka dapat kita simpulkan bahwa program yang telah disusun dapat dilaksanakan dan sangat bermaafaat bagi kami dan juga masyarakat di desa Pagaran Singkam. 

 

References

Syardiansah. (2017).Pengembangan Kompetensi Mahasiswa(Studi Kasus Mahasiswa Universitas Samudra KKN Tahun 2017 ). Jim Upb, 7(1), 57–68.
Fradinata, E. (2022). Penerapan Prokes Covid 19 Dalam Pelaksanaan KKN Kolaborasi Dan Regular Xxi Di Bener Meriah - Aceh, 1, 1414.
I Wayan Cong Sujana. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. ADI WIDYA Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29–39 Lazwardi, D. (2017). Manajemen Kurikulum Sebagai Pengembangan Tujuan Pendidikan. Idarah: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 99–112
Nurhadi.( 2004). Kurikulum 2004 (Pertanyaan dan Jawaban). Jakarta: Grasindo
Published
2023-12-26
How to Cite
Nasution, A. S. (2023). PERAN MAHASISWA KKN STAIN MADINA 2023 DALAM UPAYA PENINGKATAN LAYANAN PENDIDIKAN ANAK MELALUI PROGRAM BIMBINGAN BELAJAR DI DESA PAGARAN SINGKAM . Journal of Community Dedication and Development (Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(2), 67-74. Retrieved from https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/jcdd/article/view/1687