PERAN MAHASISWA KKN STAIN MADINA 2023 DALAM UPAYA PENINGKATAN LAYANAN PENDIDIKAN ANAK MELALUI PROGRAM BIMBINGAN BELAJAR DI DESA PAGARAN SINGKAM
Abstract
Kegiatan Kuliah Kerja nyata (KKN) adalah salah bentuk dari pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa dengan bimbingan dosen, pengabdian ini bertujuan untuk menjalin senergi antara Perguruan tinggi dengan masyarakat khusunya kepada mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu yang dipelajari nya selama dibangku kuliah.Masyarakat adalah tempat untuk mengaplikasikan ilmu mahasiswa dikarenakan sebelum Perguruan tinggi melepasnya kembali kemasyarakat harus mempersiapkan diri sebaik mungkin, dengan pengabdian masyarakat ini dalam bentuk kuliah kerja nyata (KKN) diharapkan mahasiswa dapat menimba ilmu sebanyak-banyaknya yang di dapat di masyarakat dan membantu masalah yang ada di masyarakat itu khusus nya dibidang pendidikan. Sama halnya dengan kuliah kerja nyata kelompok 40 dari STAIN MADINA yang ditempatkan untuk mengabdi di desa pagaran singkam kecamatan padang bolak kabupaten PADANG LAWAS UTARA pendidikan menjadi tujuan utama dari kelompok ini, dikarenakan pendidikan adalah bagian penting dari kehidupan. Metode yang berbasis PAR. PAR ialah singkatan participatory Action Research. Pada dasarnya PAR adalah penelitian yang melibatkan semua pihak yang relevan dalam meneliti secara aktif bersama-sama tindakan saat ini (yang mereka alami sebagai bermasalah) dalam rangka untuk mengubah dan memperbaikinya Dalam pengabdian ini, pendekatan partisipatif digunakan untuk melibatkan komunitas setempat dalam proses penyuluhan. Pengabdian kepada masayarakat merupakan salah satu tugas Perguruan tinngi disamping pendididkan dan penelitian Berdasarkan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang sudah kami lakukan maka dapat kita simpulkan bahwa program yang telah disusun dapat dilaksanakan dan sangat bermaafaat bagi kami dan juga masyarakat di desa Pagaran Singkam.
References
Fradinata, E. (2022). Penerapan Prokes Covid 19 Dalam Pelaksanaan KKN Kolaborasi Dan Regular Xxi Di Bener Meriah - Aceh, 1, 1414.
I Wayan Cong Sujana. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. ADI WIDYA Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29–39 Lazwardi, D. (2017). Manajemen Kurikulum Sebagai Pengembangan Tujuan Pendidikan. Idarah: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 99–112
Nurhadi.( 2004). Kurikulum 2004 (Pertanyaan dan Jawaban). Jakarta: Grasindo
Copyright (c) 2023 Journal of Community Dedication and Development (Pengabdian Kepada Masyarakat)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.