PEMBERIAN MOTIVASI DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN BAGI SANTRIWATI RUMAH TAHFIDZ AZ-ZAHARA SPM TSANAWIYAH PESANTREN MUSTAHAWIYAH PURBA BARU

  • Ria Rafita Supriani Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal
  • Wilna Syahfutri Harahap Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal
  • Muhammad Solihin Martua Lubis Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal
  • Rahmat Husein Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal
  • Rizka Naila Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal
  • Nur Holizah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal
Keywords: Rumah Tahfidz, Motivasi, Musthafawiyah, Purba Baru, Minat

Abstract

Rumah Tahfidz Az-Zahara merupakan salah satu model Pondok Pesantren Musthafawiyah Purba Baru yang mengunakan rumah sebagai tempat kegiatannya. Ide dasarnya adalah untuk membesarkan dan mencetak manusia-manusia penghafal Al-Qur’an, sesuai dengan potensi yang dimiliki masyarakat yang ada di daerah sekitar. Rumah Tahfidz Az-Zahara merupakan salah satu lembaga dan wadah untuk membangun dan membina generasi Qur’ani dan berakhlakul karimah. Tujuan dari pengabdian ini untuk membangkitkan motivasi dan mengembangkan minat, dalam menghafal Alqur’an. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah dalam bentuk pendampingan dan memberikan ceramah singkat dalam bentuk motivasi. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa kegiatan program pengabdian yang telah dilakukan pada Siswa Rumah Tahfidz Az-Zahara Ponpes Musthafawiyah Purba Baru mendapatkan semangat atau motivasi belajar dan mengembangkan minat dan bakat untuk meraih prestasi.

References

Abtokhi, A. (2007). Akankah al-Qur’an yang’Ku Baca Menolongku?: Suatu kajian tasawuf modern dalam perspektif fisika. repository.uin-malang.ac.id. http://repository.uin-malang.ac.id/1565/
Fagi Fauzul ‘Azhiim. (2019). Strategi Pengasuh Ma’had Al-Jami’ah Dalam Pembinaan Karakter Disiplin Mahasantri (Studi Pada Ma’had Al - Jami’ah Putra Iain Bengkulu). IAIN Bengkulu.
Febriani, N. A., & Kamaluddin, A. (2022). Regulasi Emosi Berbasis Al-Quran Dan Implementasinya Pada Komunitas Punk Tasawuf Underground. Mumtaz: Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Keislaman, 6(1), 73–102. https://jurnalptiq.com/index.php/mumtaz/article/view/277
Harahap, S. M., Ritonga, R., Mubarok, R., & Hasibuan, A. J. (2023). Menumbuhkan Motivasi Dan Pengamalan Agama Anak Usia Sekolah Di Desa Parupuk Julu Melalui Kegiatan Pesantren Kilat. Kegiatan Positif: Jurnal Hasil Karya Pengabdian Masyarakat, 1(3), 80–85.
Nasution, S., Ritonga, R., Ikbal, M., Siregar, P., & Akhyar, A. (2021). Pendampingan Literasi Perguruan Tinggi Pada Santri Pondok Pesantren Darussalam Parmeraan Padang Lawas Utara. MONSU’ANI TANO Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 57–65. https://doi.org/10.32529/tano.v4i1.912
Qisom, S. (2023). Pendekatan Tasawuf dalam Meningkatkan Spiritualitas Pengahafal Al-Qur’an. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 4(2), 125–135. https://doi.org/10.55623/au.v4i2.254
Ritonga, R., Fuadi, F., Husein, A., Lohir, A., Nasution, R., Lubis, N., Amira, U., Sumarni, I., Hayati, N., & Nst, N. A. (2023). Pendampingan Anak Balita Dan Remaja Di Desa Balakka Padang Lawas Utara Melalui Kegiatan Kuliah Kerja Nyata. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPMI), 2(3), 72–81.
Ritonga, R., Hamid, A., Siregar, I. R., Akhyar, A., & ... (2023). Penguatan Moderasi Beragama Bagi Santri Pondok Pesantren Darussalam Parmeraan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Rafflesia, 6(1), 101–107. http://jurnal.umb.ac.id/index.php/pengabdianbumir/article/view/4906%0Ahttp://jurnal.umb.ac.id/index.php/pengabdianbumir/article/download/4906/3132
Siadi, F. S. (2021). Efektivitas Pembinaan Al-qur ’an Bagi Mahasiswa yang Kesulitan Baca Al-qur’an di Ma’had Al-Jami’ah IAIN Ambon.
Published
2024-06-13
How to Cite
Supriani, R. R., Harahap, W. S., Lubis, M. S. M., Husein, R., Naila, R., & Holizah, N. (2024). PEMBERIAN MOTIVASI DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN BAGI SANTRIWATI RUMAH TAHFIDZ AZ-ZAHARA SPM TSANAWIYAH PESANTREN MUSTAHAWIYAH PURBA BARU. Journal of Community Dedication and Development (Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(1), 29-39. Retrieved from https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/jcdd/article/view/1806