PELATIHAN KOSAKATA DAN PERCAKAPAN BAHASA INGGRIS SEDERHANA UNTUK SISWA MDA DI DESA SIAMPORIK DOLOK
Abstract
Penguasaan bahasa Inggris dasar merupakan keterampilan penting di era globalisasi, termasuk bagi siswa Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA) di daerah pedesaan seperti Siamporik Dolok. Namun, minimnya akses terhadap pembelajaran bahasa Inggris yang menarik dan kontekstual menjadi kendala utama. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kosakata dan percakapan bahasa Inggris sederhana siswa MDA melalui metode pelatihan interaktif berbasis permainan, lagu, dan praktik langsung. Metode yang digunakan meliputi: (1) penyampaian materi kosakata tematik (keluarga, sekolah, aktivitas sehari-hari), (2) simulasi percakapan pendek, dan (3) evaluasi melalui kuis dan role-play. Peserta terdiri dari 20 siswa MDA dengan tingkat pemahaman bahasa Inggris yang masih dasar. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam penguasaan kosakata (rata-rata pretest 45% meningkat menjadi 78% pada post-test) serta keberanian siswa untuk berbicara dalam bahasa Inggris. Antusiasme peserta terlihat dari partisipasi aktif dalam setiap sesi. Kegiatan ini membuktikan bahwa pendekatan pembelajaran yang menyenangkan dan praktis dapat menjadi solusi untuk mengatasi keterbatasan fasilitas belajar di daerah pedesaan. Diharapkan, program berkelanjutan dapat dikembangkan untuk memperkuat fondasi bahasa Inggris siswa MDA.
References
Harahap, S. M., Ritonga, R., Mubarok, R., & Hasibuan, A. J. (2023). Menumbuhkan Motivasi Dan Pengamalan Agama Anak Usia Sekolah Di Desa Parupuk Julu Melalui Kegiatan Pesantren Kilat. Kegiatan Positif: Jurnal Hasil Karya Pengabdian Masyarakat, 1(3), 80–85.
Harahap, Z. N., Azmi, N., Wariono, W., & Nasution, F. (2023). Motivasi, Pengajaran dan Pembelajaran. Journal on Education. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/1732
Oksari, A. A., Susanty, D., Wardhani, G., & ... (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) Program Studi Biologi Universitas Nusa Bangsa. Jurnal Studi Guru Dan …. https://www.e-journal.my.id/jsgp/article/view/1556
Riani, R. (2017). Permasalahan Dalam Perencanaan Bahasa Pada Masyarakat Multikultural. Madah: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 3(2), 164. https://doi.org/10.31503/madah.v3i2.575
Ritonga, R., Harahap, R., & Lubis, R. (2022). Pelatihan Metode Refleksi Bagi Guru Sekolah Penggerak Dalam Proses Pembelajaran. SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(2), 995–1002. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jpmb/article/view/8666/4636
Shilfia Alfitry. (2020). Model Discovery Learning dan Pemberian Motivasi dalam Pembelajaran Konsep Motivasi Prestasi Belajar Siswa. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=dmpMEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA111&dq=motivasi&ots=VrsO87KRA_&sig=5jbTfDJtmj9PgO6EmlFBB8uX_Ic
Sulistyorini, N. E. (2020). Penerapan role play strategy dalam pembelajaran bahasa inggris. Jurnal Ilmiah WUNY, 3(2), 51–60.
Supriyadi, S. (2018). Penerapan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Berbicara Dengan Bahasa Inggris. Jurnal Litbang: Media Informasi Penelitian, Pengembangan Dan IPTEK, 14(2), 131–138. https://doi.org/10.33658/jl.v14i2.115
Tantri, N. N. (2018). Pentingnya Keterampilan Berbahasa untuk Meningkatkan Softskill Umat Hindu. Satya Widya: Jurnal Studi Agama, 1(1), 26–36. https://doi.org/10.33363/swjsa.v1i1.22
Copyright (c) 2025 Journal of Community Dedication and Development (Pengabdian Kepada Masyarakat)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.