PENGUATAN LITERASI KEMAMPUAN BACA-TULIS MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SISWA KELAS 3 UPTD SDN 220 HUTA DANGKA KECAMATAN KOTANOPAN
Keywords:
Literasi Baca-tulis, Media Gambar, Sekolah Dasar, Pengabdian Tindakan KelasAbstract
Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan bertujuan menguatkan literasi kemampuan baca–tulis siswa kelas 3 UPTD SDN 220 Huta Dangka melalui pemanfaatan media gambar. Kegiatan dilaksanakan oleh mahasiswa KKN STAIN Mandailing Natal pada 21–24 Juli 2025 dengan pendekatan partisipatif dan metodologi Pengabdian Tindakan Kelas. Sampel terdiri dari 23 siswa. Instrumen meliputi lembar observasi partisipasi, dokumentasi karya, dan lembar kerja. Intervensi meliputi pengenalan media gambar, latihan menulis deskripsi dan menyusun kalimat, pembacaan bergiliran, serta permainan edukatif berbasis gambar. Hasil observasi dan perbandingan pra–pasca menunjukkan peningkatan antusiasme, kreativitas, kefasihan membaca, dan kemampuan menulis permulaan; sebagian besar siswa mencatat kenaikan skor serta partisipasi yang lebih aktif. Temuan ini konsisten dengan studi terdahulu yang menegaskan efektivitas media visual dalam memperkuat literasi awal. Kendala yang tercatat antara lain keterbatasan waktu intervensi dan kebutuhan pendampingan guru berkelanjutan. Rekomendasi meliputi integrasi media gambar dalam RPP harian, penyusunan booklet panduan untuk guru, serta pelaksanaan siklus tindak lanjut dengan sampel lebih besar dan analisis kuantitatif lebih mendalam untuk memastikan generalisasi hasil.
References
Aulia, P., Muklis, M., & Pulungan, R. (2025). Perbandingan Perspektif Hukum Pencegahan Kejahatan Dunia Maya dalam Hukum Positif dan Hukum Pidana Islam. Jurnal El-Thawalib, 6(2), 172–186.
Budianti, C., Nurmalia, L., & Kusumawardani, S. (2024). Peningkatan Pemahaman Konsep IPA melalui Media Visual dalam Mata Pelajaran IPAS di MIS Al-Hidayah. Seminar Nasional Dan Publikasi Ilmiah 2024 FIP UMJ, 229–238. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SEMNASFIP/article/view/23517
Dewi, A. C. (2025). Efektivitas Media Visual dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Argumentatif pada Remaja. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Cakrawala Pembelajaran, 1(2), 59–59. https://doi.org/10.64690/jakap.v1i2.54
Dewi, R. K., Lasmana, O., Festiyed, F., Asrizal, A., Desnita, D., & Diliarosta, S. (2024). Implications and Impact of Digital Literacy on Higher Education: Systematic Literature Review. Eduvest - Journal of Universal Studies, 4(6), 5300–5312. https://doi.org/10.59188/eduvest.v4i6.1410
Fahmi, Z., & Husaini, A. (2025). Research Innovation for Sustainable Education Culture (RISE2045) di STAIN Madina: Kolaborasi Riset dan Teknologi Menuju Pendidikan Berkelanjutan. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Ilmu, 2(3), 149–157. https://doi.org/10.69714/mdn7bd53
Firiyanti, I., & Anggoro, B. K. (2024). Kemampuan Literasi Peserta Didik Tingkat Sekolah Dasar. JoLLA Journal of Language Literature and Arts, 4(6), 540–548. https://doi.org/10.17977/um064v4i62024p540-548
Hasibuan, A. T., Fadilla, P. A., Rangkuti, L. H., Adilla, N., Khairunnisa, K., Siagian, Z. I., Brutu, S. M., Pratiwi, E., Siagian, N. N., & Labib, M. D. (2024). Pengaruh Buku Cerita Bergambar Dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa di Desa Silokidir. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 5(4), 4111–4119. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v5i4.4047
Hermanto, B. (2020). Perekayasaan sistem pendidikan nasional untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. FOUNDASIA, 11(2), 52–59. https://doi.org/10.21831/foundasia.v11i2.26933
Kuswandi, A. A., Adah, A., Abidin, J., Masitoh, I., Hidayat, Y., Oktora, P., Karomah, I., & Safitri, E. (2022). Pengembangan Literasi Dasar Untuk Menumbuhkan Minat Baca Anak Usia Dini Melalui Metode Cerita Di RA Miftahul Jannah Bagolo. Wahana Dedikasi: Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 5(1), 115–126. https://doi.org/10.31851/dedikasi.v5i1.7778
Mirnawati, M. (2020). Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), 98–112. https://doi.org/10.58230/27454312.14
Murray, J. (2024). Power sharing: participatory research as democracy in early childhood education and in education. International Journal of Early Years Education, 32(2), 261–271. https://doi.org/10.1080/09669760.2024.2342068
Nugraha, D. M. D. P., & Juniayanti, D. (2024). Penguatan Literasi Siswa di Sekolah Dasar dalam Era Kurikulum Merdeka Belajar: A Systematic Literature Review. Journal of Instructional and Development Researches, 4(6), 499–509. https://doi.org/10.53621/jider.v4i6.407
Safanikah, S., & Rahayu, N. (2024). Pengembangan Profesionalitas Guru melalui Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam Pengingkatan Mutu Pendidikan Indonesia. NIZHAMIYAH, 14(1), 81–98. https://doi.org/10.30821/niz.v14i1.1630
Tanjung, A. R., & Ridho, M. R. (2024). Class Action Research: Application of the Sociodrama Method in Increasing Student Learning Motivation. Journal of Islamic Education and Ethics, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.18196/jiee.v2i1.16
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Journal of Community Dedication and Development (Pengabdian Kepada Masyarakat)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.