PENGUATAN LITERASI KEMAMPUAN BACA-TULIS MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SISWA KELAS 3 UPTD SDN 220 HUTA DANGKA KECAMATAN KOTANOPAN

Authors

  • Jureid Jureid Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal
  • Ade Chandra Nasution Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal
  • Batara Doli Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal
  • Eli Saharni Btr Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal
  • Lukman Hakim Nasution Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal
  • Mustika Sari Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal
  • Nuralya Fitri Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal
  • Nur Habibah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal
  • Pita Anggina Lubis Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal
  • Saprinah Maiyani Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal
  • Ummu Salamah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal

Keywords:

Literasi Baca-tulis, Media Gambar, Sekolah Dasar, Pengabdian Tindakan Kelas

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan bertujuan menguatkan literasi kemampuan baca–tulis siswa kelas 3 UPTD SDN 220 Huta Dangka melalui pemanfaatan media gambar. Kegiatan dilaksanakan oleh mahasiswa KKN STAIN Mandailing Natal pada 21–24 Juli 2025 dengan pendekatan partisipatif dan metodologi Pengabdian Tindakan Kelas. Sampel terdiri dari 23 siswa. Instrumen meliputi lembar observasi partisipasi, dokumentasi karya, dan lembar kerja. Intervensi meliputi pengenalan media gambar, latihan menulis deskripsi dan menyusun kalimat, pembacaan bergiliran, serta permainan edukatif berbasis gambar. Hasil observasi dan perbandingan pra–pasca menunjukkan peningkatan antusiasme, kreativitas, kefasihan membaca, dan kemampuan menulis permulaan; sebagian besar siswa mencatat kenaikan skor serta partisipasi yang lebih aktif. Temuan ini konsisten dengan studi terdahulu yang menegaskan efektivitas media visual dalam memperkuat literasi awal. Kendala yang tercatat antara lain keterbatasan waktu intervensi dan kebutuhan pendampingan guru berkelanjutan. Rekomendasi meliputi integrasi media gambar dalam RPP harian, penyusunan booklet panduan untuk guru, serta pelaksanaan siklus tindak lanjut dengan sampel lebih besar dan analisis kuantitatif lebih mendalam untuk memastikan generalisasi hasil.

References

Aulia, P., Muklis, M., & Pulungan, R. (2025). Perbandingan Perspektif Hukum Pencegahan Kejahatan Dunia Maya dalam Hukum Positif dan Hukum Pidana Islam. Jurnal El-Thawalib, 6(2), 172–186.

Budianti, C., Nurmalia, L., & Kusumawardani, S. (2024). Peningkatan Pemahaman Konsep IPA melalui Media Visual dalam Mata Pelajaran IPAS di MIS Al-Hidayah. Seminar Nasional Dan Publikasi Ilmiah 2024 FIP UMJ, 229–238. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SEMNASFIP/article/view/23517

Dewi, A. C. (2025). Efektivitas Media Visual dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Argumentatif pada Remaja. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Cakrawala Pembelajaran, 1(2), 59–59. https://doi.org/10.64690/jakap.v1i2.54

Dewi, R. K., Lasmana, O., Festiyed, F., Asrizal, A., Desnita, D., & Diliarosta, S. (2024). Implications and Impact of Digital Literacy on Higher Education: Systematic Literature Review. Eduvest - Journal of Universal Studies, 4(6), 5300–5312. https://doi.org/10.59188/eduvest.v4i6.1410

Fahmi, Z., & Husaini, A. (2025). Research Innovation for Sustainable Education Culture (RISE2045) di STAIN Madina: Kolaborasi Riset dan Teknologi Menuju Pendidikan Berkelanjutan. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Ilmu, 2(3), 149–157. https://doi.org/10.69714/mdn7bd53

Firiyanti, I., & Anggoro, B. K. (2024). Kemampuan Literasi Peserta Didik Tingkat Sekolah Dasar. JoLLA Journal of Language Literature and Arts, 4(6), 540–548. https://doi.org/10.17977/um064v4i62024p540-548

Hasibuan, A. T., Fadilla, P. A., Rangkuti, L. H., Adilla, N., Khairunnisa, K., Siagian, Z. I., Brutu, S. M., Pratiwi, E., Siagian, N. N., & Labib, M. D. (2024). Pengaruh Buku Cerita Bergambar Dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa di Desa Silokidir. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 5(4), 4111–4119. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v5i4.4047

Hermanto, B. (2020). Perekayasaan sistem pendidikan nasional untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. FOUNDASIA, 11(2), 52–59. https://doi.org/10.21831/foundasia.v11i2.26933

Kuswandi, A. A., Adah, A., Abidin, J., Masitoh, I., Hidayat, Y., Oktora, P., Karomah, I., & Safitri, E. (2022). Pengembangan Literasi Dasar Untuk Menumbuhkan Minat Baca Anak Usia Dini Melalui Metode Cerita Di RA Miftahul Jannah Bagolo. Wahana Dedikasi: Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 5(1), 115–126. https://doi.org/10.31851/dedikasi.v5i1.7778

Mirnawati, M. (2020). Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), 98–112. https://doi.org/10.58230/27454312.14

Murray, J. (2024). Power sharing: participatory research as democracy in early childhood education and in education. International Journal of Early Years Education, 32(2), 261–271. https://doi.org/10.1080/09669760.2024.2342068

Nugraha, D. M. D. P., & Juniayanti, D. (2024). Penguatan Literasi Siswa di Sekolah Dasar dalam Era Kurikulum Merdeka Belajar: A Systematic Literature Review. Journal of Instructional and Development Researches, 4(6), 499–509. https://doi.org/10.53621/jider.v4i6.407

Safanikah, S., & Rahayu, N. (2024). Pengembangan Profesionalitas Guru melalui Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam Pengingkatan Mutu Pendidikan Indonesia. NIZHAMIYAH, 14(1), 81–98. https://doi.org/10.30821/niz.v14i1.1630

Tanjung, A. R., & Ridho, M. R. (2024). Class Action Research: Application of the Sociodrama Method in Increasing Student Learning Motivation. Journal of Islamic Education and Ethics, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.18196/jiee.v2i1.16

Downloads

Published

2025-07-29

How to Cite

Jureid, J., Nasution, A. C., Doli, B., Btr, E. S., Nasution, L. H., Sari, M., … Salamah, U. (2025). PENGUATAN LITERASI KEMAMPUAN BACA-TULIS MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SISWA KELAS 3 UPTD SDN 220 HUTA DANGKA KECAMATAN KOTANOPAN. Journal of Community Dedication and Development (Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(1), 55–64. Retrieved from https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/jcdd/article/view/2675