Peran Kompetensi Pedagogik dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di SD Sekolah Alam Minangkabau, Padang Sumatera Barat

  • Novebri STAIN Mandailing Natal
Keywords: kompetensi pedagogik, hasil belajar, peserta didik

Abstract

Pendidikan adalah tiang tombak kemajuan sebuah bangsa. Guru, peserta didik dan kurikulum adalah unsur utama dalam pendidikan. Maju mundurnya pendidikan di suatu Negara dapat dilihat dari kompetensi guru, hasil dan prestasi belajar peserta didiknya. Dalam peraturan perundang-undangan dinyatakan bahwa seorang guru wajib memiliki 4 kompetensi pokok, yakni kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, kompetensi professional dan kompetensi pedagogik. Salah satu kompetensi guru yang memiliki peran penting dalam kemajuan peserta didik adalah kompetensi pedagogik, dimana seorang guru bertanggung jawab dalam mengelola pembelajaran, membimbing peserta didik untuk menguasai materi sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan dalam kurikulum. Bila hal tersebut dapat dilaksanakan sebaik dan seoptimal mungkin oleh guru, maka secara tidak langsung akan berdampak pada keberhasilan belajar peserta didik. Diharapkan melalui seminar pelatihan peran kompetensi pedagogik dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik ini dapat memberikan pengetahuan dan wawasan bagi guru Sekolah Alam Minangkabau dalam meningkatkan kompetensi pedagogiknya, sehingga hasil belajar peserta didikpun akan meningkat.

Published
2021-01-15
How to Cite
Novebri. (2021). Peran Kompetensi Pedagogik dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di SD Sekolah Alam Minangkabau, Padang Sumatera Barat. Journal of Community Dedication and Development (Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1), 1-10. Retrieved from https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/jcdd/article/view/325