Optimalisasi Model Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara (Mahārah Kalām) Santri Kelas X Pesantren Izzur Risālah Desa Sipapaga Mandailing Natal
Abstract
Penelitian pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemahiran siswa dalam keterampilan berbicara (maharah kalām) bahasa Arab bagi santri kelas x Pesantren Izzur Risālah Desa Sipapaga Kabupaten Mandailing Natal. Model pembelajaran yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memandu dan memudahkan siswa dalam melatih keterampilan berbicara (maharah kalām) pada tema tertentu dengan berbagai model latihan berbicara secara integratif, antara lain latihan asosiasi dan identifikasi, latihan pola kalimat, latihan percakapan berupa tanya jawab, menghafal model dialog, percakapan terpimpin, dan percakapan bebas, bercerita, diskusi, wawancara, dan menonton film berbahasa Arab serta menggunakan media gambar dengan menggunakan teknik reka cerita.