PENINGKATAN PEMAHAMAN DAKWAH REMAJA MELALUI AKTUALISASI PENDALAMAN DAKWAH ISLAMIYAH DI SMKN 3 PANYABUNGAN

Keywords: Pemahaman, Dakwah, Remaja, Aktualisasi, Materi, Perkuliahan

Abstract

Objektif. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada peserta didik tentang arti dari dakwah, unsur dakwah dan contoh kegiatan dakwah, serta metode ceramah yang berisikan tentang dakwah Ini dilakukan mengingat rendahnya pemahaman remaja dalam memahami dakwah secara luas.

Material and Metode. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah menggabungkan metode CBR (Community-Based Research) dan  Service Learning (SL) melalui ceramah. Adapun yang terlibat dalam pengabdian masyarakat adalah SMKN 3 Panyabungan, Prodi Pendidikan Agama Islam STAIN Mandailing Natal dimana peserta terdiri dari seluruh peserta didik siswi keanggotaan OSIS  SMKN 3 Panyabungan menjadi peserta dan mahasiswa semester VIII A Prodi Pendidikan Agama Islam yang tergabung dalam perkuliahan Dakwah Islamiyah berperan sebagai panitia.

Hasil. Dari kegiatan yang dilakukan hasil yang didapatkan adalah peserta mampu mendeskripiskan pengertian, dan istilah dari dakwah, memahami unsur dan contoh-contoh kegiatan dakwah serta mempraktekkan ceramaha agama yang merupakan bagian dari kegiatan dakwah.

Kesimpulan. Pengabdian berlangsung efektif sehingga dari keefektifan kegiatan ini, ada baiknya dilakukan kegiatan lanjuta berupa pembentukan lembaga dakwah di sekolah sehingga keilmuan dan pengetahuan dakwah peserta didik dapat dikembangkan di lingkungan sekolah dan mahapeserta didik terlatih dan mampu menjadi pengelola lembaga dakwah.

Published
2022-03-28
How to Cite
Harahap, S. R., & Novebri, N. (2022). PENINGKATAN PEMAHAMAN DAKWAH REMAJA MELALUI AKTUALISASI PENDALAMAN DAKWAH ISLAMIYAH DI SMKN 3 PANYABUNGAN. Journal of Community Dedication and Development (Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1), 37-47. Retrieved from https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/jcdd/article/view/671