PELATIHAN MANASIK HAJI BAGI ANAK USIA DINI DI TK AZ-ZALFA PANYABUNGAN

Keywords: Pelatihan, Manasik Haji, Anak Usia Dini

Abstract

Objektif. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk membangun karakter spiritual, keimanan, dan ketaqwaan sejak usia dini. Kegiatan pelatihan ini sangat penting dilakukan agar terinternalisasi dalam diri peserta didik TK Az-zalfa Panyabungan tentang pelaksanaan ibadah haji, sehingga rukun islam yang kelima ini menjadi salah satu cita-cita dalam hidupnya.

Material and Metode. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah metode ceramah dan demonstrasi oleh pemateri, praktik dan peragaan oleh peserta didik, pendampingan oleh pemateri, guru, dan peserta didik. Pelatihan ini menggunakan media gambar, tulisan, dan ilustrasi tempat-tempat penting dalam pelaksanaan ibadah haji.

Hasil. Hasil kegiatan pengabdian ini menunjukkan bahwa antusias dan semangat peserta didik TK Az-zalfa semakin meningkat dalam kegiatan ibadah, khususnya ibadah haji. Sebagian besar peserta didik sudah hafal bacaan dan doa-doa khusus yang dibaca pada waktu pelaksanaan ibadah haji dan faham urutan rangkaian pelaksanaan ibadah haji tersebut.

Kesimpulan. Pelatihan Manasik Haji pada peserta didik TK Az-zalfa dengan mitra guru-guru TK tersebut dapat terlaksana dengan baik dan lancar, serta dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta didik dalam pelaksanaan ibadah haji secara praktik.

Published
2022-04-18
How to Cite
Zulpina, Z., & Novebri, N. (2022). PELATIHAN MANASIK HAJI BAGI ANAK USIA DINI DI TK AZ-ZALFA PANYABUNGAN. Journal of Community Dedication and Development (Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1), 48-55. Retrieved from https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/jcdd/article/view/735