PELATIHAN BERBICARA BAHASA ARAB BAGI ANAK USIA DINI DI TK AZ ZALFA MELALUI MEDIA FLASHCARD
Abstract
Objektif. Pengabdian ini bertujuan untuk membiasakan anak akan bahasa Arab guna dapat memaknai peribadatannya selaku pemeluk agama islam, juga dapat menerapkannya baik di dalam kelas maupun di luar lingkungan kelas secara mandiri.
Material and Metode. Peserta pelatihan dan bimbingan terdiri dari seluruh guru dan peserta didik TK Az Zalfa yang terdiri dari empat kelas; apel, kurma, pisang dan stroberi. Metode yang digunakan dalam kegiatan pelatihan ini ialah PAR (Participatory Action Research) yang diaplikasikan dengan eklektik (campuran) yang terdiri dari komunikatif (berbicara), ceramah, demonstrasi terpimpin, peragaan, tanya jawab dan praktik.
Hasil. Hasil kegiatan pengabdian ialah meningkatnya kemahiran berbicara bahasa Arab peserta didik TK Az Zalfa melalui media flashcard. Hal tersebut ditunjukkan dengan antusia peserta didik dalam mengikuti kegiatan pelatihan dan dapat mempraktikkan berbicara bilangan menggunakan bahasa Arab secara mandiri.
Kesimpulan. Pelatihan berbicara bahasa Arab bagi anak usia dini TK Az Zalfa melalui media flashcard berjalan secara baik dan lancar; terbukti dengan peserta didik mampu melafalkan bilangan satu sampai sepuluh menggunakan bahasa Arab sebagai targetnya baik secara mandiri maupun terpimpin.
Copyright (c) 2022 Journal of Community Dedication and Development (Pengabdian Kepada Masyarakat)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.