PELATIHAN TAHFIDZ DAN TAFSIR AL-QUR’AN BERBASIS MEDIA AUDIO VISUAL DI RUMAH TAHFIDZ MADINATUL QUR’AN PANYABUNGAN

  • erlina STAIN Mandailing Natal
Keywords: Pelatihan, Tahfidz, Tafsir, Media Audio Visual

Abstract

Objektif. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan pelatihan tahfidz dan tafsir al-qur’an berbasis media visual kepada para santri Rumah Tahfidz Madinatul Qur’an Panyabungan.

Material and Metode. Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dengan metode sosialisasi, pelatihan serta pendampingan bagi santri yang dalam hal ini diikuti oleh semua santri Rumah Tahfidz Madinatul Qur’an Panyabungan. Materi disampaikan dengan menggunakan infocus dan proyektor dalam bentuk power point.

Hasil. Hasil kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 18 Desember 2021 ini ditemukan bahwa para santri Rumah Tahfidz Madinatul Qur’an lebih bersemangat dan termotivasi dalam belajar tahfidz dan tafsir alqur’an dengan menggunakan media visual berupa gambar terkait materi yang ditampil melalui proyektor karena bisa menjadikan para santri mudah ingat dan focus.

Kesimpulan. Dari kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat disimpulkan bahwa kegiatan penyuluhan ini dapat meningkatkan semangat dan motivasi yang tinggi untuk belajar tahfidz dan tafsir al-qur’an pada para santri Rumah Tahfidz Madinatul Qur’an Panyabungan yang ditandai dengan rasa antusias oleh para peserta.

Published
2022-12-13
How to Cite
erlina. (2022). PELATIHAN TAHFIDZ DAN TAFSIR AL-QUR’AN BERBASIS MEDIA AUDIO VISUAL DI RUMAH TAHFIDZ MADINATUL QUR’AN PANYABUNGAN. Journal of Community Dedication and Development (Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(2), 27-33. Retrieved from https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/jcdd/article/view/976