KURIKULUM MERDEKA DAN GENERASI EMAS SD/MI
URIKULUM MERDEKA DAN GENERASI EMAS SD/MI
Abstrak
Abstrak Kurikulum merdeka belajar merupakan satu terobosan baru dalam dunia pendidikan di Indonesia sebagai respon atas terjadinya loss learning akibat dampak dari pandemi covid-19. Pertama kali perancangannya ialah pada tahun 2019 usulan dari menteri pendidikan RI yaitu Mas Nadiem Anwar Makarim untuk mengembalikan jati diri pendidikan sesungguhnya. Kala itu penamaannya masih kurikulum prototipe, kemudian seiring perkembangannya berubah menjadi kurikulum merdeka belajar. Kajian dalam artikel ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur, sumber data diambil dari buku, prosiding, jurnal-jurnal, dan dari internet sesuai dengan topik kajian, Hasil penelitian terungkap bahwa kurikulum merdeka belajar yang diterapkan pada jenjang SD telah mampu membentuk pribadi siswa yang kreatif, inovatif, bernalar kritis, keseimbangan antara IESQ, dan berkarakter sebagai modal dalam menyiapkan generasi emas Indonesia berdaya saing global. Selain itu, dalam kurikulum merdeka belajar guru selaku pendidik memiliki hak prerogatif penuh dalam mengelola pembelajaran sehingga tidak terikat oleh aturan baku yang selama ini terhujam negatif dalam tubuh dunia pendidikan Indonesia