ANALISIS PERSEPSI SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR

  • Salwa Arfah salwa Institut Agama Islam Negeri Bone

Abstrak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi siswa madrasah ibtidaiyah terhadap implementasi kurikulum merdeka belajar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan sampel penelitian adalah siswa madrasah ibtidaiyah negeri 8 Bone Sulawesi Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap aspek konsep merdeka belajar berada pada kategori yang sangat baik dengan persentase 82%, berbeda dengan aspek persepsi siswa terhadap struktur kurikulum merdeka dan proyek penguatan profil pelajar pancasila dengan persentase berturut-turut yaitu 66% dan 73% berada pada kategori Baik. Aspek implementasi konsep merdeka belajar menunjukkan hampir keseluruhan item berada pada kategori Sangat Baik yaitu di atas rata-rata 81%.

Diterbitkan
2024-12-23