REPRESENTASI FEMINISME DALAM FILM HATI SUHITA ANALISIS JOHN FISKE

  • M. Alfin Fatikh Universitas KH Abdul Chalim
  • NUr Afwi Aulia Universitas KH Abdul Chalim

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis representasi feminisme dalam film Hati Suhita dengan menggunakan pendekatan semiotika John Fiske. Dalam budaya patriarki, perempuan sering digambarkan sebagai karakter yang terpinggirkan, pasif, dan lemah dalam media, sementara laki-laki dianggap dominan dan kuat. Film Hati Suhita menawarkan perspektif berbeda dengan menggambarkan perjuangan seorang perempuan, Suhita, yang berusaha melawan norma-norma patriarki dan memperjuangkan hak-hak perempuan. Film ini menampilkan berbagai tantangan yang dihadapi perempuan dalam masyarakat, baik dalam konteks sosial, budaya, maupun politik. Melalui karakter Suhita dan tokoh perempuan lainnya, film ini menggambarkan kesadaran akan pentingnya kesetaraan gender dan perubahan sosial yang diperlukan untuk menghapuskan diskriminasi terhadap perempuan. Penelitian ini menggunakan metode semiotika John Fiske, yang meliputi tiga level analisis: denotasi (makna literal), konotasi (makna yang lebih dalam), dan ideologi. Dengan pendekatan ini, penelitian ini mengidentifikasi simbol-simbol dan tanda-tanda dalam film yang merepresentasikan feminisme, serta menganalisis bagaimana elemen-elemen visual dan naratif dalam film membentuk pesan-pesan ideologis terkait kesetaraan gender. Penelitian ini memiliki kontribusi baru dalam studi feminisme dengan mengkaji representasi gender dalam film Indonesia, khususnya dalam konteks budaya patriarki yang kuat. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru tentang peran media dalam mengkritisi ketidaksetaraan gender dan mendorong perubahan sosial menuju kesetaraan.

Referensi

Anggoro, Oktia, Samantha Elisabeth Claudya, and Stevanus Hardiyarso. ‘Analisis Asumsi Hubungan Mengalami Kemajuan Dalam Pola Komunikasi Keluarga Pada Drama Korea The Good Bad Mother 2023’ 6 (2024): 387–405.
Febrianti, Inggrit, Elok Perwirawatu, and Shabrina Harumi Pinem. ‘Analisis Semiotika Pesan Moral Dalam Drama Korea “Itaewon Class ”’. Sosial Opinion: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi , 6 (2021): 153–59.
Fitriyani, Fitriyani, Nunung Nurwati, and Sahadi Humaedi. ‘Peran Ibu Yang Bekerja Dalam Pemenuhan Kebutuhan Dasar Anak’. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 3, no. 1 (2016). doi:10.24198/jppm.v3i1.13626.
Hakim, Lukman, and Eka Anjani. ‘Representation of Gus Dur’s Message of Peace About Papua in Mamat Alkatiri’s Stand Up Comedy’. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman 33, no. 1 (2022): 35–56. doi:10.33367/tribakti.v33i1.1856.
Paramita, Sinta, and Aileen Chaniago. ‘Representasi Identitas Tomboy Dalam Film Inside Out’. SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi 11, no. 2 (2018). doi:10.30813/S:JK.V11I2.1169.
Puspita Handayani, Ayustia. ‘Analisis Semiotika John Fiske Pada Iklan Kampanye Pemilu Presiden 2019 Jokowi - Ma’ruf Amin Di Televisi [Semiotic Analysis of John Fiske on 2019 Presidential Election Advertising Campaign Jokowi-Ma’ruf Amin in Television]’. Jurnal SEMIOTIKA 15, no. 1 (2021): 2579–8146.
Ratih Puspitasari, Dwi. ‘Nilai Sosial Budaya Dalam Film Tilik (Kajian Semiotika Charles Sanders Peirce) Social-Cultural Values in Tilik Film (Semiotic Study of Charles Sanders Peirce)’. Jurnal SEMIOTIKA 15, no. 1 (2021): 2579–8146.
Surahman, S, I Corneta, and I. L Senaharjanta. ‘Female Violence Pada Film Marlina: Si Pembunuh Dalam Empat Babak’. Semiotika 14, no. 1 (2020): 55–75.
Trimo Wati, Trimo Wati, Dina Safira Ikmaliani, and Mustolehudin. ‘Representasi Makna Denotasi Dan Konotasi Dalam Lirik Lagu Kun Fayakun (Analisis Semiotika Roland Barthes)’. Alibbaa’: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 3, no. 1 (2022): 73–102. doi:10.19105/ajpba.v3i1.5172.
William, William, and Septia Winduwati. ‘Representasi Kekerasan Non Fisik Pada Film Joker (Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure)’. Koneksi 5, no. 1 (2021): 127. doi:10.24912/kn.v5i1.10195.
Zahrok, Siti, and Ni Wayan Suarmini. ‘Peran Perempuan Dalam Keluarga’. IPTEK Journal of Proceedings Series 0, no. 5 (2018): 61. doi:10.12962/j23546026.y2018i5.4422.
Diterbitkan
2025-04-22