PELAYANAN INFORMASI MASYARAKAT MELALUI INSTAGRAM DI DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN MADIUN
Abstrak
Penelitian Instagram merupakan platform yang paling banyak digunakan dalam penyebaran informasi karena kecepatan aksesnya, Dengan ini Diskominfo Kabupaten Madiun dituntut untuk mampu mengelola platform yang sedang eksis ini melalui akun Instagram @pemkabmadiun yang bersamaan dengan peran dan tanggung jawabnya dalam menyebarkan informasi sebagai humas pemerintah. Kehadiran akun Instagram @pemkabmadiun diharapkan agar segala bentuk informasi yang berkaitan dengan instansi pemerintah dapat tersampaikan dengan baik kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motif penggunaan Instagram @pemkabmadiun sebagai media informasi, mendeskripsikan bentuk informasi yang disampaikan melalui Instagram @pemkabmadiun, dan mengetahui proses pengelolaan Instagram sebagai media informasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh akan dianalisis dengan mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan mengenai pelayanan informasi masyarakat melalui Instagram di Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Madiun antara lain: 1) Motif penggunaan akun Instagram @pemkabmadiun sebagai sarana informasi, yaitu media branding lembaga pemerintah, motif informasi dan motif promosi. 2) Bentuk informasi yang disampaikan melalui Instagram berupa informasi bentuk teks atau caption, informasi bentuk visual atau Instagram feed, dan informasi bentuk audio visual atau instagram reels. 3) Proses pengelolaan Instagram meliputi proses pengorganisasian, proses pengarahan, dan proses pengendalian.
Referensi
Burhan, Bungin, Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komuikasi Masyarakat (Jakarta: Kencana, 2007)
Damayanti, Luh, Kadek Suwena, dan Iyus Haris, “Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat,” 11 (2019)
Diah Wardhani, Media Relations Sarana Membangun Reputasi Organisasi (Graha Ilmu Yogyakarta, 2008)
Diningrum, Widia, “Media Sosial Instagram sebagai Media Komunikasi Sosial” (UIN Maulana Malik Ibrahim, 2020)
Diskominfo Kabupaten Madiun, “Tugas Pokok dan Fungsi,” 2020
Dwiyanto, Agus, Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik (Yogyakarta: Gajah Mada Pers, 2005)
Em, Griffin, A First Look at Communication Theory. 10th Edition (Boston: McGraw-Hill, 2018)
Enterprise, Jubilee, Instagram untuk Bisnis, Hobi, & Desain Garfis (Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2021)
Husein, Umar, Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis (Jakarta: PT Raja Grafindo, 2009)
Krisyantono, M, Teknis Praktis Riset Komunikasi (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010)
lexy j, moeleong, Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2007)
Riani, Ni, “Strategi Peningkatan Pelayanan Publik,” 1 (2021)
Robert, Abelrman, Religious Television Uses and gratifications (Jakarta: PT Rajgrafindo Persada, 1987)
Rohmadi, Arif, Tiga Produktif Ber-Sosial Media (Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2016)
Ryaas, Rasyid, Desentralisasi dalam Menunjang Pembangunan Daerah dalam Pembangunan Administrasi di Indonesia (Jakarta: Pustaka LP3ES, 1998)
Siregar, Bagaimana Meliput dan Menulis Berita Untuk Media Massa (Yogyakarta: Kanisius, 2007)
Solichah, Aulia, dan Iman Nurchotimah, Pengawasan Pelayanan Publik (Jakarta: Jejak Pustaka, 2021)
Sugeng, Winarno, dan Septiem Mery, “Analisis Jaringan Komputer Dinas Komunikasi Dan Informatika,” Jurnal Informatika, 3.1 (2012)
Yanti, Susi, “Strategi Media Relations Dinas Komunikasi dan Informatika Dalam Mensosialisasikan Program Kerja Pemerintah Kabupaten Madiun” (IAIN Ponorogo, 2022)
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##