PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI BENZENA DAN TURUNANNYA UNTUK KELAS XII SMA/MA

  • Rahmi Arfina STAIN Mandailing Natal
Keywords: Benzena dan Turunannya, Inkuiri Terbimbing, LKS, Model 4-D (empat)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan lembar kerja siswa berbasis inkuiri terbimbing pada topik Benzena dan Turunannya untuk kelas XII SMA/MA dan ditentukan kategori validitas dan kepraktisannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Model pengembangan yang digunakan model 4-D terdiri dari empat tahapan yaitu: (1) define, (2) design, (3) develop dan (4) disperse. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket validasi dan kepraktisan. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan rumus Cohen's Kappa. Validasi kuesioner diisi oleh 3 guru besar kimia dan 2 guru kimia SMA. Lembar praktikum diisi oleh 2 guru kimia dan 26 siswa SMAN 1 Padang. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, LKS berbasis inkuiri terbimbing pada materi Benzena dan Turunannya untuk siswa kelas XII SMA/MA yang telah diuji validitas dan kepraktisannya. Nilai rata-rata validitas LKS berbasis inkuiri terbimbing ditinjau dari materi/isi, penyajian, kebahasaan dan bagan adalah 0,95 (kategori sangat tinggi). Kepraktisan 0,94 dari guru (kategori sangat tinggi) dan 0,78 dari siswa (kategori tinggi). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis inkuiri terbimbing pada topik Benzena dan Derivatif adalah valid dan praktis.

References

Chang, Raymond. 2005. Kimia Dasar, Konsep-Konsep Inti Edisi Ketiga. New York: The McGraw-Hill Companies.
Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 59 Tahun 2014 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
Hanson, David. M. 2005. Designing Process-Oriented Guided-Inquiry Activities. In Faculty Guidedbook: A Comprehensive Tool For Improving Faculty Performance, ed. S. W. Beyerlein and D. K. Apple. Lisle, IL: Pacific Crest.
Johnson, Catherine. 2011. Activities Using Process-Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) in the Foreign Language Classroom. Jeman: ATG.
Gede, I., Agus, H., dkk. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar TIK Ditinjau dari Motivasi Berprestasi pada Siswa Kelas VIII SMP Ganesha Denpasar. Vol. 4: 1-10.
Depdiknas. 2008. Pengembangan Bahan Ajar. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional.
Rochmad. 2012. Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Vol. 3 No. 1, (hal 59-72).
Mudjijo. 1995. Tes Hasil Belajar. Jakarta : Bumi Aksara
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : Bumi Aksara.
Boslaugh, Sarah dan Paul A. W. 2008. Statistics in a Nutshell, a desktop quick reference. Beijing, Cambridge, Famham, Köln, Sebastopol, Taipei,Tokyo: O’reilly.
Arikunto, S. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Sukardi. 2011. Evaluasi Pendidikan, Prinsip dan Operasionalnya. Yogyakarta: Bumi Aksara.
Published
2022-12-21