PENGGUNAAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) SISWA DI SMP NEGERI 1 SIBABANGAN

  • Hotrimsyah Simbolon STAIN Mandailing Natal
Keywords: Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), Minat Belajar IPA siswa Dan Sistem Pernapasan Pada Manusia.

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar IPA siswa di kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Sibabangun. Untuk mengatasi masalah tersebut, pada penelitian ini diterapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pokok bahasan sistem pernapasan pada manusia di kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Sibabangun  dapat meningkatkan minat belajar IPA siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksankan dalam dua siklus yang masing-masing siklusnya terdiri dari empat tahap  yaitu: tahap pertama perencanaan (planning), tahap kedua pelaksanaan (action), tahap ketiga observasi (observation) dan tahap keempat refleksi (reflectioan). Perangkat pembelajaran dalam penelitian ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), lembar angket minat siswa, lembar instrumen  tes dan lembar observasi . Hasil penelitian dianalisis secara deskriptif dan diperoleh melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan minat belajar IPA siswa di kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Sibabangun  khususnya pokok bahasan sistem pernapasan pada manusia, berdasarkan hasil tes belajar minat siswa pada siklus I memperoleh rata-rata sebesar 68,33 dan siklus II sebesar 77,92. Berdasarkan data hasil penelitian melalui observer kinerja guru diperoleh persentase sebesar 53,13% pada siklus I dan siklus II sebesar 89,06%, Kemudian berdasarkan hasil angket minat siswa diperoleh pada siklus I sebesar 80,8% dan pada siklus II sebesar 84,4%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan minat belajar IPA siswa melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL)) di kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Sibabangun. Penelitian ini menyarankan (a) pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat digunakan dalam upaya meningkatkan minat belajar IPA siswa, (b) kepada guru, diharapkan dapat mengimplementasikan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pokok bahasan yang lain pada mata pelajaran biologi atau pada materi pelajaran yang sesuai.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
________________. (2007), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta
________________.(2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.
Aunurrahman, (2010). Belajar Dan Pembelajaran, Bandung : Alfabeta CV.
Dimianti dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri (2006), Strategi Belajar Mengajar, Jakarta : Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri, Dkk (2010), Strategi Belajar Mengajar, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.
Hamalik, Oemar. 2003. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Modul Pembelajaran, Bandung: Bumi Aksara.
Mulyono, Abdurrahman, 2003, Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar, Jakarta:PT. Rineka Cipta.
Purwanto,2008, Psikologi Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Mulyasa, 2007. Menjadi Guru Profesional; Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Rosdakarya
Saefudin, Aziz, 2012, Meningkatkan Profesionalisme Guru dengan PTK, Yogyakarta, PT. Citra Aji Prama.
Suprijono, Agus, 2009. Kooperatif Learning, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Slameto, 2009. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta.
______, (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Bina Aksara
Sudjana. (2005). Metoda Statistik, Bandung: PT. Tarsito Bandung.
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Prestasi Pustaka Publsher.
Usman, Uzer, Menjadi Guru Profesional, Bandung: Rosdakarya, 2010.
Published
2022-12-21